Jangan Lewatkan 4 Destinasi Ini Saat Berwisata ke Semarang

By Tabloid Nakita, Kamis, 16 Maret 2017 | 22:00 WIB
Di Kebun Binatang Mangkang, Ibu bisa melihat 40 jenis binatang. (Dini Felicitas)

Nakita.id - Destinasi wisata di Semarang ternyata bukan hanya Lawang Sewu. Selama ini, saat mendengar nama Semarang, orang-orang selalu mengaitkannya dengan bangunan bersejarah peninggalan Belanda yang beraura mistis tersebut. Namun, jika tidak terlalu menikmati jenis wisata yang menantang adrenalin, Ibu tentu membutuhkan pilihan lain.

Berikut daftar beberapa objek wisata yang bisa menjadi pilihan lain bagi Ibu saat berkunjung ke Semarang.

1. Simpang Lima Seperti namanya, tempat ini memang merupakan pertemuan dari lima jalan utama di Semarang. Di tengah-tengahnya terdapat lapangan yang cukup luas. Lapangan ini dikelilingi oleh trotoar yang cukup lebar. Keramaian Simpang Lima bisa dinikmati terutama setiap Minggu pagi. Pada saat itu, di tempat ini digelar pasar dadakan. Ada banyak jenis barang yang diperjualbelikan, mulai pakaian, peralatan rumah tangga, hingga kuliner.

Pada saat-saat tertentu, tempat ini juga sering digunakan sebagai lokasi acara, seperti konser musik. Simpang Lima bisa disebut sebagai pusat kota Semarang karena suasananya yang selalu bergairah. Beberapa mal besar pun bisa ditemukan di sekitar tempat ini.

2. Kota Lama Apakah Ibu menikmati wisata sejarah? Jika ya, Ibu bisa segera meluncur ke kawasan Kota Lama. Pada zaman Belanda, kawasan ini merupakan pusat perdagangan. Secara geografis, wilayah ini terlihat seolah-olah terpisah dari daerah di sekitarnya di Semarang. Ada pula benteng yang memisahkan kota ini dengan kawasan lain.

Di kawasan Kota Lama, Ibu bisa menemukan Stasiun Semarang Tawang, Gereja Blenduk, dan beberapa bangunan gedung lain yang memiliki arsitektur yang megah dan indah. Meskipun keadaannya tidak seperti dulu lagi, bangunan-bangunan ini masih terlihat anggun dan sering dijadikan background bagi pasangan yang ingin berfoto prewedding dengan konsep vintage.

3. Museum Ronggowarsito Masih berbicara soal sejarah, destinasi wisata yang juga tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Semarang adalah Museum Ronggowarsito. Museum ini menyimpan ribuan koleksi sejarah yang menjadi bukti eksistensi masa lalu.

Museum ini tepatnya terletak di Jl. Abdul Rahman Saleh No. 1 Semarang Barat. Untuk masuk ke tempat ini, Ibu harus membayar karcis sebesar Rp 4.000. Museum sudah dibuka pada pukul 08.00, dan ditutup pada pukul 16.00 setiap hari.

Luas museum ini mencapai 8.438 m persegi, yang terdiri atas empat gedung. Masing-masing gedung memamerkan koleksi-koleksi yang beragam. Contohnya, di gedung Ater dapat ditemukan berbagai jenis bebatuan di bumi, sedangkan gedung B khusus menyimpan berbagai koleksi budaya dan kerajinan dari masa lampau.

4. Kebun Binatang Mangkang Bagi Ibu yang ingin mengajak buah hati untuk melihat berbagai jenis binatang, coba ajak mereka ke Kebun Binatang  Mangkang. Kebun binatang ini terletak di Jl. Walisongo Km 16, tepatnya di seberang stasiun Mangkang. Meskipun lokasinya cukup jauh dari pusat kota, kondisi jalan menuju objek wisata ini sudah lumayan bagus.

Kebun binatang ini dibuka untuk umum pada 08.00, dan ditutup pada pukul 17.00. Ibu hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp 5.000 per orang. Di kebun binatang ini, Ibu bisa melihat kurang lebih 40 jenis binatang.

Nah, sebelum datang ke Semarang untuk mengunjungi berbagai tempat wisata menarik di sana, ada baiknya Ibu memesan penginapan terlebih dahulu. Untuk penginapan di Semarang yang harganya murah tapi fasilitas memadai, rekomendasi terbaiknya adalah Airy Rooms.

Bahkan, Ibu juga bisa memesan dari ponsel dengan mengunduh aplikasinya di Google Play Store atau Apps Store. Untuk pembayaran, bisa lewat kartu kredit maupun bank transfer. Mudah kan? Selamat berlibur di Semarang.