4 Kebiasaan Sederhana Perempuan Oriental Ini Bikin Wajah Awet Muda

By Gisela Niken, Senin, 20 Maret 2017 | 05:52 WIB
Agar wajah awet muda, Ibu bisa melakukan kebiasaan dari perempuan di Cina. (Gisela Niken)

Nakita.id -  Perempuan oriental asal Jepang, Korea, dan China memang memiliki kulit bercahaya sehingga terlihat awet muda. Namun, di luar faktor ras yang berpengaruh pada warna dan tekstur kulit, ternyata ada beberapa kebiasaan perempuan di China yang membuat mereka jadi terlihat awet muda. Wah, Ibu bisa mencontoh kebiasaan-kebiasaan tersebut. Tidak hanya baik untuk wajah, berbagai kebiasaan ini juga baik untuk kesehatan Ibu.

Baca juga: Kulit Awet Muda Secara Alami? Ini Rahasianya! 

1. Melindungi diri dari sinar matahari

Negara tropis seperti Indonesia memiliki cuaca yang cukup lembap dan cenderung membuat kita banyak terpapar sinar matahari. Maka, Ibu perlu melindungi area wajah ketika banyak beraktivitas di luar rumah. Pelindung seperti topi atau krim tabir surya dibutuhkan untuk melindungi kulit. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh dermatologis Steven Wang dan James Leyden di Amerika menunjukkan penyebab garis halus dan penuaan dini banyak disebabkan oleh sinar matahari. Penggunaan pelembap dengan SPF 30 mengurangi 41% tanda penuaan dini pada wajah.

2. Tidur dan istirahat cukup

Salah satu kunci agar punya kulit awet muda adalah memiliki jadwal sehari-hari yang tepat. Artinya, tidak makan terlambat dan tidur dengan cukup. Jadwal sehari-hari yang tepat akan membantu metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Sebuah studi pada 2013 yang dilakukan University Hospital Case Medical Center di Amerika menemukan jadwal tidur yang buruk meningkatkan tanda-tanda penuaan kulit. Studi ini juga melihat perbedaan kulit antara orang yang tidur dengan jam tidur yang baik dan tidak.

Baca juga: Lakukan 3 Kebiasaan Ini Agar Kulit Awet Muda 

3. Menghindari gula

Para perempuan di China memang sangat menghindari gula. Bahkan, mereka lebih memilih makanan yang pedas dan asin dibanding yang tinggi gula. Saat masuk ke dalam darah, gula akan melekat pada kolagen di kulit.  Menurut Rosacea Research & Development di Amerika, kandungan gula dalam darah bisa menyebabkan peradangan dan berkurangnya kolagen dan elastin. Kedua protein ini membantu kulit lebih kenyal dan terlihat muda. Kerusakan kedua protein ini akan mempercepat penuaan dini.

Baca juga: Awet Muda berkat Konsumsi Tujuh Rempah Ini 

4. Menggunakan warna pakaian yang cerah

Selain beberapa kebiasaan yang berhubungan dengan kesehatan kulit, gaya berpakaian yang Ibu digunakan ternyata memiliki pengaruh. Para perempuan di China mengusahakan untuk berpakaian dan bergaya seperti layaknya anak muda. Cara ini yang membuat mereka juga tetap berjiwa muda. Salah satu cara yang bisa dilakukan agar tetap bergaya muda adalah dengan pemilihan warna pakaian yang terang.