Ini 7 Cara Membantu Perkembangan Otak Bayi

By Avrizella Quenda, Selasa, 21 Maret 2017 | 23:32 WIB
7 Tip Meningkatkan Perkembangan Otak Bayi (Avrizella Quenda)

Nakita.id - Banyak perubahan yang terjadi pada bayi baik pada tingkat fisik dan juga pada tingkat intelektualnya pada masa-masa pertumbuhan. Setiap saat, bayi akan terus belajar hal baru di sekitarnya. Otak bayi mencoba untuk memahami dunia sedikit demi sedikit.

Dalam proses itu, perhatian dan cinta yang Ibu limpahkan, sangat membantu perkembangan otak bayi. Bahkan, ketika kebutuhan emosionalnya dipenuhi, bayi cenderung mengembangkan sikap positif terhadap kehidupan. Berikut, 7 tip untuk perkembangan otak bayi Ibu:

Tip # 1 Jika Ibu mendengar bayi menangis, segerlah penuhi kebutuhannya. Ketika Ibu menenangkan dan membuatnya nyaman, Ibu telah membantu dalam menciptakan rangkaian positif dalam otak. Memeluk, menenangkan, merawat dan tindakan kasih sayang lainnya menjadi sinyal emosi yang memberinya keamanan bagi otak bayi.

Baca juga : Perkembangan Otak Bayi Perempuan Lebih Cepat

Tip # 2 Biarkan bayi merangkak. Pastikan Ibu telah menyiapkan langkah pengamanan. Ketika bayi menjelajah lingkungannya dengan merangkak, otaknya membuat peta dan mempelajari ruang, benda-benda dan penempatannya. Ini sangat membantu perkembangan otak. 

Tip # 3 Sesekali, berikan pijatan pada bayi Ibu. Pijatan bisa mengurangi stres dan memberikan keamanan emosional, juga meningkatkan pertumbuhan. Sentuhan cinta menyembuhkan.

Baca juga : Begini Pertumbuhan Otak dan Saraf Bayi

Tips # 4 Ketika Ibu memberi perhatian tepat pada waktunya dan membuat bayi Ibu merasa senang, perkembangan otak bayi menjadi cepat dan berusaha menerjemahkan dunia di sekitarnya dengan cara yang positif. 

Tip # 5 Mainkan banyak games. Bayi belajar banyak ketika bermain games. Ibu bisa mengajarkan anak bermain nada-nada dari alat musik mainan atau membacakan buku cerita bergambar. Kegiatan semacam ini juga seperti latihan dan berkontribusi pada perkembangan otak.

Baca juga : Sering Tertawa Dapat Meningkatkan Perkembangan Otak Bayi

Tip # 6 Melakukan tugas-tugas kecil bersama-sama. Misalnya, membereskan mainan. Kegiatan ini membuat otaknya memahami bahwa tugas-tugasnya penting bagi Ibu. Dengan begini, ia akan merasa dilibatkan dan terlibat dalam tugas-tugas tersebut. 

Tip # 7 Begitu bayi mulai memahami kata-kata, berikan anak pujian seperti, “anak baik” atau “kamu anak pintar”. Otaknya akan merekam pujian ini sebagai citra diri yang positif. Juga cobalah untuk mengajarkan kata-kata baru setiap hari agar otaknya tetap bekerja.