Batita Sering Terbangun di Malam Hari? Bisa Jadi Karena Lapar, Bu!

By Avrizella Quenda, Rabu, 22 Maret 2017 | 22:45 WIB
Anak yang terbangun tiba-tiba di malam hari karena lapar, Bu! (Avrizella Quenda)

Nakita.id - Batita pada umumnya membutuhkan waktu tidur delapan hingga sembilan jam di malam hari. Namun, kadang anak terbangun tiba-tiba karena lapar. Wajarkah? Cari tahu apa yang menyebabkan rasa lapar di malam hari sehingga Ibu dengan mudah dapat mengatasinya.

Sering Terjaga di Malam Hari

Kebanyakan anak bangun di tengah malam dari waktu ke waktu, dan itu masih normal. Jika ia secara teratur bangun di tengah malam ini disebut sebagai night waking atau seringnya anak terjaga di malam hari. Beberapa anak mungkin terbangun setidaknya sekali setiap malam.

Yang perlu Ibu cari tahu adalah mengapa tidur si kecil selalu terganggu. Menurut situs Family Education, anak yang terbangun tiba-tiba di malam hari dapat terjadi karena sejumlah alasan termasuk mimpi buruk, keinginan untuk tidur bersama orang tua, sakit atau kelaparan.

Baca juga : Ini Penyebab Anak Sering Terbangun dan Menangis Histeris di Malam Hari

Makan Malam Tidak Cukup

Anak yang tidak makan kenyang saat makan malam, perutnya cenderung mudah lapar lagi sebelum pagi. Pantau atau berikan jumlah makanan yang cukup sesuai porsinya untuk memastikan anak kenyang sebelum tidur. Jika anak susah makan, sebaiknya berikan ia pengertian bahwa makan cukup hingga kenyang membuat anak tidur nyenyak tanpa harus terbangun.

Makan malam adalah waktu yang baik untuk memberikan makanan favoritnya, misalnya seperti sup atau hidangan ayam. Simpan keinginan Ibu untuk memperkenalkan menu baru karena itu sebaiknya dilakukan saat makan siang ketika anak tidak membutuhkan perut yang terlalu kenyang selama 10 sampai 12 jam berikutnya.

Tidur Terlalu Cepat

Anak membutuhkan banyak tidur agar tidak rewel dan ceria saat melakukan aktivitas keesokan paginya. Selain itu cukup tidur dapat membuat tumbuh kembangnya berjalan normal. Jika Ibu memberinya makan malam dan menidurkannya lebih awal, anak bisa kembali lapar sebelum waktunya sarapan.

Hal ini dapat terjadi juga jika Ibu tidak segera memberi makan anak ketika ia bangun di pagi hari. Jangan membuat anak menunggu makanan siap saji terlalu lama, karena anak yang kelelahan dapat menyebabkan tidur yang terlalu awal dan makan tidak teratur.

Baca juga : Anak Tiba-tiba Menangis Saat Tidur Malam, Kenapa Ya