Bukan Makanan Biasa, Ini Daftar "Superfood" yang Baik untuk Perkembangan Otak Anak

By Avrizella Quenda, Senin, 27 Maret 2017 | 03:13 WIB
Daftar Superfood yang Baik untuk Perkembangan Otak Anak (Avrizella Quenda)

Nakita.id - Nutrisi sangat berperan dalam perkembangan anak, terlebih untuk perkembangan otaknya. Kini, beberapa jenis makanan sudah dikategorikan sebagai "superfood" otak, karena manfaatnya yang besar dalam meningkatkan kemampuan memori seorang anak.

Meskipun Ibu sudah memberinya makanan sehat, ada beberapa makanan tertentu yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan juga melindungi otak terhadap penurunan kognitif di masa depan.

Baca juga : Makanan untuk Kecerdasan Otak Anak

Jika ingin anak terampil, kreatif, dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi, serta memiliki ingatan yang lebih baik, berikan daftar "superfood" ini untuk anak, di antaranya:

1. Alpukat

Buah yang memiliki struktur creamy ini tidak hanya diberikan sebagai makanan pengganti ASI pertama untuk bayi, tetapi alpukat yang memiliki nutrisi yang kaya kalium dan asam folat ini akan membantu kesehatan otak dan fungsi kognitif anak. Buah ini juga mengandung lemak monosaturated yang membantu aliran darah guna mempertahankan otak yang sehat.

2. Ikan

Makanan berminyak atau berlemak, seperti ikan salmon, sarden, makarel, dan tuna yang penuh dengan kandungan asam lemak omega-3, EPA dan DHA yang dapat membantu meningkatkan fokus, meningkatkan memori, dan juga mencegah demensia. Sebuah studi baru juga menunjukkan bahwa sering mengonsumsi ikan baik untuk otak dan dianjurkan untuk dikonsumsi anak-anak.

Baca juga : 5 Makanan Agar Anak Cerdas

3. Biji-bijian

Anak membutuhkan energi dari jenis makanan yang tepat agar bisa tumbuh sehat dan kuat. Biji-bijian dengan kandungan rendah GI (indeks glikemiks) dapat mengurangi dan menstabilkan glukosa dalam darah ke otak anak. Tambahkan roti gandum, sereal gandum, beras merah dan pasta gandum untuk menu makanan anak, sehingga meningkatkan kewaspadaan mentalnya sepanjang hari.

4. Berries