Obat Rumahan Murah Bisa Mengatasi Wajah Berminyak Ibu Hamil

By Gisela Niken, Rabu, 29 Maret 2017 | 10:07 WIB
Penyebab Wajah Terlihat Lebih Tua (Ipoel )

Nakita.id – Wajah berminyak jadi salah satu masalah yang banyak dialami perempuan. Hidung, dahi, dan dagu atau daerah T ditambah sebagian pipi adalah area yang paling berminyak di wajah. Ibu hamil bisa mengatasi masalah pada kulit wajah ini dengan cara yang mudah, murah, dan bahan-bahannya gampang ditemukan sehari-hari. Berikut beberapa cara mengatasi wajah berminyak karena kehamilan yang bisa Ibu lakukan sendiri di rumah.

Baca juga: Agar Wajah Terlihat Segar Meski tanpa Makeup 

1. Madu

Madu memiliki kandungan humektan yang dapat membantu kulit wajah Ibu menjadi kenyal dan lembab tanpa membuatnya beminyak dan lengket. Madu juga dapat menyerap minyak dari kulit sehingga mencegah terjadinya jerawat dan komedo. Kandungan antibakteri dan antiseptik dalam madu dapat mencegah kulit berjerawat. Hal ini juga akan membuat madu memiliki sifat anti-aging. Oleskan madu dan pijat di area wajah untuk mengatasi masalah minyak. Setelah itu, bilas dengan air dingin.

2. Lidah buaya

Tanaman ini memang terkenal menjadi bahan alami yang dapat mengatasi segala jenis masalah kulit termasuk wajah berminyak. Kandungan dalam lidah buaya bersifat anti-inflamasi dan antibakteri yang sangat baik untuk mengobati radang seperti jerawat. Oleskan jel lidah buaya ke area wajah. Biarkan selama semalaman dan bilas di pagi hari. Lakukan perawatan ini rutin setiap hari selama sebulan.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Secara Alami, Murah dan Cepat 

3. Kentang

Kentang merupakan zat sebagai pendingin wajah yang secara alami dapat menjadi pemutih kulit dan mencegah produksi minyak di wajah. Untuk menggunakan bahan alami ini, parut kentang dan oleskan pada wajah. Biarkan beberapa waktu dan cuci wajah dengan air dingin. Selain itu, Ibu bisa menghaluskan kentang dan rendam kapas di dalam sari kentang tersebut. Tempelkan kapas tadi ke daerah wajah yang banyak memproduksi minyak.

Baca juga: Begini Cara Jadikan Kulit Wajah Ibu Sehalus Bayi

4. Rajin membersihkan wajah

April Armstrong, MD, seorang asisten profesor dermatologi di University of Califonia mengatakan salah satu kunci yang efektif untuk mengatasi kulit berminyak adalah rajin membersihkan wajah pada pagi sampai malam. “Jangan gunakan pembersih yang terlalu keras karena justru dapat memicu kulit untuk meningkatkan produksi minyak,” ujarnya. Mengelap wajah terlalu kasar dan keras juga dapat merangsang produksi minyak berlebih. 

Itulah empat langkah mengurangi produksi minyak di wajah bagi Ibu di kala hamil ataupun tidak hamil.