Bayi Perempuan Asal ini India Lahir dengan Tiga Kaki

By Avrizella Quenda, Jumat, 28 April 2017 | 06:36 WIB
Bayi Perempuan Asal India Lahir dengan Tiga Kaki (Avrizella Quenda)

Nakita.id - Mencengangkan! Bayi perempuan lahir dengan tiga kaki, satu kaki tumbuh di daerah pangkal paha antara kaki normalnya, tetapi selebihnya bayi ini dalam kondisi sehat.

Ibunya yang bernama Srilatha Kanchanapally, 25 tahun, mengetahui cacat yang diderita bayinya selama scan rutin pada bulan Desember dan dokter mengoperasinya ketika bayi ini masih berusia enam hari.

Baca juga : Kondisi Alat Kelamin Bayi Baru Lahir Tidak Normal. Ini Sebabnya

Dokter mengatakan bahwa kondisinya akan cepat pulih setelah operasi selesai dilakukan pada Minggu (26/03).

Srilatha mengatakan, "Saya senang bahwa kami telah diberkati memiliki bayi yang cantik. Saya sangat yakin bahwa dokter akan dapat menemukan cara untuk mengoperasi anggota tubuh yang tidak diinginkan.”

Srilatha mengaku sangat berterima kasih kepada para dokter yang telah membantu proses pengangkatan kaki yang tumbuh di tempat yang tidak lazim tersebut. Ia dan sang suami, Sambaih Kanchanapally menganggap bahwa para dokter yang telah menolong putrinya merupakan utusan Tuhan yang dikirimkan untuk keluarganya.

Baca juga : 7 Kelainan Penis pada Bayi Laki-laki

“Perasaan bahwa ia akan tumbuh sebagai anak normal mengisi hati saya dengan suka cita,” ungkap Sambaih terharu. Ia juga menambahkan bahwa operasi yang dilakukan untuk anaknya ini tidak memerlukan biaya sepeser pun alias gratis. Biaya semua perawatan telah ditanggung oleh rumah sakit pemerintah.

Ia dilahirkan di rumah sakit distrik India, Jangaon pada 21 Maret lalu, dan dua hari kemudian dipindahkan ke rumah sakit Niloufer untuk pelaksanaan operasi.

Dr K Srinivas, yang membantu kelahiran kompleks mengatakan, "Tungkai ekstra yang menonjol dari daerah panggul anak bisa diangkat dengan operasi. Selain anggota badan ekstra, bayi lahir dengan tanda-tanda vital yang sehat dan dia berada dalam kesehatan yang baik."

Baca juga : Bayi Biru, Waspada Kelainan Jantung

Dr Ramesh Reddy, kepala departemen bedah anak di Rumah Sakit Niloufer, menambahkan, "Ini adalah kejadian langka, hanya satu dalam 100.000 kelahiran.”

"Ini adalah kasus kembar parasit di mana secara teknis kembar siam yang memiliki struktur hanya ala kadarnya seperti anggota tubuh melekat pada tubuh kembar yang terbentuk dengan baik.”

"Butuh waktu sekitar tiga jam untuk berhasil memisahkan anggota badan ekstra."