Pengobatan Alami untuk Sembuhkan Sariawan Bayi

By Avrizella Quenda, Jumat, 31 Maret 2017 | 23:28 WIB
Banyak gangguan yang dialami bayi saat tumbuh gigi. (Dini Felicitas)

Nakita.id - Bahagia rasanya jika si kecil tertawa riang, tersenyum senang, meniup-niup, dan tidur pulas dengan senyuman di bibir. Tapi, apa yang terjadi ketika mulut bayi sariawan? Berikut informasi tanda-tanda bayi mengalami sariawan beserta cara mengobati secara alami untuk mencegahnya muncul kembali.

Apa itu sariawan pada bayi?

Sariawan, atau kandidiasis oral merupakan akumulasi dari jamur candida albicans yang terdapat di mulut yang menyebabkan lesi putih, atau luka yang terlihat berwarna putih seperti warna lidah bayi akibat ASI atau susu formula.

Jamur ini biasanya tumbuh dan berkembang di mulut semua orang, tapi sariawan atau infeksi ragi mulut sering terjadi pada bayi karena sistem kekebalan tubuhnya masih lemah.

Baca juga : Penyebab Anak Sariawan

Ibu menyusui berisiko untuk sariawan juga karena infeksi dapat lolos ke payudara Ibu (sebaliknya, Ibu dapat menularkan kembali ke bayi), sehingga akan menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit. Namun, Ibu tak perlu khawatir karena sariawan pada bayi bisa disembuhkan dengan bahan-bahan alami yang aman.

Gejala sariawan pada bayi

Berikut gejala sariawan yang umum ditunjukkan oleh bayi:

Lesi di mulut dapat menyebabkan rasa sakit dan hilangnya rasa, sehingga bayi mungkin akan rewel.

Baca juga : Jamur, dan Gangguan di Sekitar Mulut Bayi Lainnya

Apa penyebab sariawan pada bayi?

Jamur atau ragi yang menyebabkan sariawan secara alami terjadi dan lazim di tubuh kebanyakan orang. Namun, sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat menyebabkan akumulasi ragi pada bayi.