Ini Cara Mengasuh Anak Pemalu, Ekspresif, atau Ceriwis dan Ramah

By Gisela Niken, Selasa, 4 April 2017 | 22:46 WIB
Yuk ketahui pola asuh sesuai kepribadian anak (Gisela Niken)

Nakita.id – Mengasuh anak menjadi tantangan yang cukup berat bagi orangtua khususnya orangtua baru. Orangtua pasti menginginkan anak kelak menjadi sosok yang matang dan mandiri. Sementara, mungkin ada perilaku anak yang kadang membuat orangtua jadi kewalahan. Saat anak berperilaku tidak kooperatif, perlu Ibu pahami salah satu kunci untuk menanganinya adalah dengan mengenali kepribadian anak. Beda kepribadian: ekspresif, pemalu, atau ceriwis dan ramah, beda pula cara mengasuhnya.

Anak Ekspresif

Anak ekspresif cenderung dengan mudah mengekspresikan apa yang mereka rasakan seperti berteriak ataupun menangis. Paula Levy, seorang terapis keluarga di Norwalk, Connecticut, Amerika Serikat mengungkapkan Ibu perlu melihat sisi positif dari anak yang ekspresif. “Anak yang berkarakter ekspresif cenderung memiliki tekad dan semangat yang tinggi. Maka, beri cara yang sehat untuk mengekspresikan dan menyalurkan energi besar yang mereka punya,” ujarnya.

Menurut Levy, salah satu caranya adalah dengan ikut mengekspresikan rasa sayang terhadapnya secara langsung. Anak ekspresif cenderung mencari perhatian. Berikan kegiatan fisik yang menyenangkan dan membuatnya berinteraksi langsung dengan Ibu. Banyaknya perhatian yang diberikan akan membuat si kecil lebih memahami mana hal yang boleh dan tidak untuk mereka lakukan.

Baca juga: Kepribadian Anak Berdasarkan Bulan Lahirnya, Cocokkah dengan Si Kecil? 

Anak Pemalu

Kebalikan dari kepribadian ekspresif, anak bisa saja memiliki karakter pemalu. Bertemu dengan orang dan situasi baru ditanggapi dengan sikap diam atau malu-malu. Menurut Dr. Harvey Karp, dokter anak sekaligus penulis buku The Happiest Toddler on the Block, orangtua harus memahami bahwa anak pemalu membutuhkan banyak waktu jika berhadapan dengan situasi baru atau perubahan. Kritik ataupun pola asuh yang terlalu keras justru akan membuat anak ini mengalami trauma dan semakin takut. “Bantu anak untuk lebih berani melakukan eksplorasi. Ajak si kecil bermain di luar rumah dalam pengawasan Ibu,” ujarnya. Semakin sering ia menghadapai situasi baru, semakin terlatih kemampuan beradaptasinya.

Baca juga: Mengetahui Kepribadian Anak Sulung, Tengah dan Bungsu 

Anak Ceriwis dan Ramah

Ibu pasti tahu bahwa ada beberapa anak yang cenderung sangat ramah dengan orang lain dan mudah bergaul. Ia cenderung bawel dan tak bisa diam saat berada di manapun. Anak dengan kepribadian ini cenderung menyenangkan karena ia adalah sosok yang ramah. Namun, menurut Todd B. Kashan, PhD, profesor psikologi di George Mason University di Virginia, anak-anak apa pun tipe kepribadiannya perlu diajarkan mengenai etika. Artinya si kecil perlu tahu situasi atau posisi lawan bicara atau teman mainnya. Saat berkumpul bersama keluarga, jelaskan hubungannya dengan keluarga besar, bagaimana  berbicara yang santun dengan orang yang lebih tua, atau bergiliran dalam bermain. Anak yang tak bisa diam tak mempan jika diatur dengan paksaan. Penjelasan yang sederhana dan terbuka akan membantu anak untuk memahami mana yang benar dan tidak.

Baca juga: Tipe Kepribadian sesuai Sidik Jari