Cermati Gejala Meningitis Pada Bayi

By Avrizella Quenda, Rabu, 5 April 2017 | 08:39 WIB
Ingin selalu digendong adalah salah satu ciri-ciri bayi sulit. (Dini Felicitas)

Nakita.id - Meningitis dan septikemia dapat mempengaruhi setiap bayi dan ada peningkatan risiko untuk bayi yang baru lahir, karena sistem kekebalan tubuhnya yang belum sepenuhnya berkembang. Ini yang sebaiknya perlu diperhatikan setiap Ibu akan gejala serius pada penyakit yang dapat menyerang bayi Anda dan memastikan bahwa itu bukan flu biasa.

Meningitis adalah sebutan untuk peradangan pada selaput pelindung saraf otak dan tulang belakang yang dikenal sebagai meninges. Peradangan biasanya disebabkan oleh infeksi dari cairan yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Meningitis dapat berkembang sebagai respons terhadap sejumlah penyebab, biasanya infeksi bakteri atau virus, tetapi meningitis juga bisa disebabkan oleh cedera fisik, kanker atau obat-obatan tertentu.

Sebuah vaksin baru untuk meningitis B telah disetujui untuk bayi dari usia dua bulan dan mungkin sudah tersedia sejak September 2015. Vaksin, obat yang disebut Bexsero sudah tersedia di segala toko kesehatan dan medis dan bayi akan divaksinasi pada usia 2 bulan, dengan tindak lanjut saat bayi usia 4 bulan dan pendukung pada usia 12 bulan. Sementara Inggris adalah negara pertama di dunia yang menerapkan program vaksinasi untuk melindungi bayi dari meningitis.

Baca juga : Meningitis Bakteri Mengintai Bayi

Tanda-tanda bayi mengalami meningitis :

Baca juga : Ini Penyakit Menular Penyebab Kematian Nomor Satu Balita

Tanda-tanda bayi mengalami septikemia:

Gejala ini muncul secara acak selama 1 hingga 2 hari atau bisa dalam hitungan jam dan ada kemungkinan muncul gejala lain selain yang disebutkan. Jika Ibu mencurigai gejala atau tanda dari meningitis, segera bawa bayi Anda ke rumah sakit.

Banyak gejala umumnya terkait meningitis muncul ketika penyakit sudah parah. Tindakan cepat sangat dibutuhkan ketika bayi positif menderita meningitis atau scepticaemia. Ini benar-benar bisa menyelamatkan nyawa bayi Anda.

Baca juga : Mam. Ini Cara Mendeteksi Penyakit Serius Pada Bayi

Tumbler Test

Apabila bayi memiliki ruam, gunakan tumbler test untuk memeriksa septikemia pada bayi: