Kebiasaan Ini Hampir Dilakukan Semua Orang Tetapi Berbahaya Bagi Rambut

By Gisela Niken, Senin, 10 April 2017 | 03:53 WIB
BOLDSKY (Dini Felicitas)

Nakita.id -  Merawat rambut bagi perempuan adalah hal yang cukup penting. Ibu tentu akan melakukan berbagai perawatan agar rambut terlihat sehat, tidak rontok dan tentu saja berkilau. Namun, Ibu perlu menghindari kebiasaan yang kerap dilakukan dan ternyata akan merusak rambut. Kebiasaan apa saja ya?

Baca juga: Mau Rambut Lebat dan Tidak Rontok? Lakukan Kebiasaan Ini! 

1. Keramas dengan air panas

Siapa sangka keramas dengan air panas dapat merusak rambut. Menurut Andrew Barton, seorang penata rambut yang mendapatkan penghargaan British Hairdresser Of The Year banyak perempuan salah sangka dan mencuci rambutnya dengan air panas. “Air panas mengaktifkan kelenjar sebaceous yang mengeluarkan minyak sehingga dapat membuat rambut kembali berminyak setelah dicuci,” ujarnya. Banyak yang menyangka membasahi dan membilas rambut dengan air panas  akan membuat rambut lebih bersih. Ternyata, mencuci rambut cukup dengan air hangat. Suhu hangat masih bersahabat dengan folikel rambut.

Baca juga: Cara Alami Membuat Rambut Rontok Ibu Menyusui Cepat Tumbuh

2. Mengeringkan rambut dengan melilitkan handuk

Pasti Ibu menggunakan trik ini untuk mengeringkan rambut. Melilitkan handuk di bagian atas kepala adalah cara yang mudah dan murah untuk mengeringkan rambut. Namun, sadarkah Ibu bahwa hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan rambut? Monae Everett, seorang penata rambut artis internasional mengungkapkan tekstur kasar dari handuk akan membuat kerusakan. Batang rambut akan menjadi kasar selama proses pengeringan. “Hal ini akan membuat rambut menjadi lemah dan berakhir pada rambut kering dan mudah rontok,” ujarnya.

3. Menyisir terlalu sering

Perempuan pasti senang menyisir agar rambut tetap terlihat rapi.. Namun, menyisir terlalu sering justru dapat merusak rambut, karena tekanan sisir pada kulit kepala sebetulnya akan merangsang kelenjar minyak di situ untuk berproduksi lebih. Kebanyakan minyak tentu tidak akan menghasilkan rambut yang bervolume, karena helai demi helainya tidak mengembang alias lepek.

Baca juga:Resep Alami untuk Menghilangkan Ketombe dengan Cepat 

4. Memakai sisir yang kotor

Mencuci sisir mungkin jadi salah satu kegiatan yang jarang Ibu lakukan. Padahal menggunakan sisir yang kotor dan penuh sisa rambut kan berbahaya bagi kesehatan rambut. Sisa sisa kotoran dari rambut akan membuat rambut tetap kotor meski sudah dibersihkan. Rendam sisir dengan air hangat dan sering mengganti sisir dengan yang baru akan membantu untuk menjaga kesehatan rambut.