Tanpa Disadari, Ini Kebiasaan yang Membuat Ibu Terlihat Lebih Tua 10 Tahun

By Gisela Niken, Senin, 10 April 2017 | 03:47 WIB
Kalau tidak mau terlihat 10 tahun lebih tua, Ibu sebaiknya melakukan kebiasaan berikut ini (Gisela Niken)

Nakita.id – Memiliki wajah yang awet muda? Siapa yang tidak mau. Hal ini tentu tidak terjadi tanpa adanya usaha untuk merawat tubuh. Banyak kebiasaan buruk yang kita lakukan sehari-hari dan membuat Ibu terlihat lebih tua 10 tahun! Berikut berbagai kebiasaan yang sebaiknya dihindari jika tak ingin terlihat lebih tua.

1. Makan makanan berlemak

Makan makanan berlemak menjadi salah satu kebiasaan makan yang kerap dilakukan banyak orang. Daging berlemak hingga makanan gorengan menjadi salah satu jenis makanan yang berlemak dan sebaiknya dihindari. “Makanan yang mengandung lemak jahat akan menyebabkan peradangan atau inflamasi. Artinya bisa berdampak menjadi penuaan,” ujar Timothy Harlan, MD, profesor di Tulane University School of Medicine, New Orleans, Amerika.

Baca juga:Daftar Makanan Alami untuk Mencegah Penuaan Dini 

2. Postur tubuh yang buruk

Sehari-hari kita mungkin terbiasa tak banyak memiliki aktivitas fisik sehingga ada kecenderungan untuk banyak duduk atau tidur. Kadang kali saat duduk, tubuh tidak dalam posisi tegak. Postur tubuh yang buruk akan berdampak pada tulang punggung sehingga otot dan tulang menjadi tegang. Kerusakan ini akan menyebabkan rasa sakit dan lelah hingga akhirnya menyebabkan tubuh terlihat tidak bugar.

3. Terkena paparan sinar matahari

Di negara tropis seperti Indonesia, paparan matahari sangat terasa. Namun kadang kali Ibu suka lupa untuk memberikan perlindungan pada kulit. Menurut Dr Richard Warren, seorang dermatologist dan dosen di University of Manchester, sebanyak 80% masalah penuaan dini disebabkan oleh paparan matahari. Dalam studi yang pernah ia lakukan pada 2013, kerutan wajah, garis halus hingga kulit rusak utamanya disebabkan oleh kulit yang terpapar sinar matahari langsung tanpa ada pelindung.

Baca juga: Ini Faktor Penyebab Penuaan Dini Sejak Usia 20-an

4.Terlalu banyak asupan gula

Makanan ataupun minuman yang mengandung gula menjadi salah satu hal yang sulit untuk dihindari. Dr. Fredic Brandt, salah seorang dermatologist di Amerika mengungkapkan gula dapat meningkatkan masalah pada warna kulit serta tanda-tanda penuaan dini. “Gula dapat mempercepat degradasi elastin dan kolagen. Keduanya adalah protein yang dibutuhkan untuk kulit,” ujarnya.

Baca juga:Penyebab Wajah Terlihat Lebih Tua

5. Kurang tidur

Susah tidur atau bahkan kurang memiliki waktu tidur jadi masalah umum yang dialami banyak orang. Apalagi pada Ibu yang baru memiliki bayi, tidur menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Namun, Ibu harus tahu bahwa hal ini akan membuat wajah Ibu menjadi lebih tua. Sebuah studi yang dilakukan University Hospital Cleveland Medical Center di Ohio, Amerika mengungkapkan adanya hubungan antara kurang tidur dengan penuaan. Menurut studi ini, kurang tidur akan membuat kulit sulit pulih dari paparan polusi dan sinar matahari.