Trik Agar Bayi Tidak Sering Rewel dan Mudah Tersenyum

By Gisela Niken, Senin, 10 April 2017 | 03:01 WIB
Ibu bisa membuat bayi tidak rewel dan membuatnya terus tersenyum (Gisela Niken)

Nakita.id – Tentu menyenangkan memiliki bayi yang tidak mudah rewel serta dengan mudah menebarkan senyum manisnya. Ibu perlu melakukan beberapa langkah untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya serta membuatnya merasa lebih nyaman agar ia jadi bayi yang mudah tersenyum. Selain itu, ia juga tidak akan rewel!

Baca juga: 8 Cara Atasi Bayi Rewel 

Menurut Darcia Narvaez, Ph.D., seorang profesor psikologi di University of Notre Dame, Indiana, orangtua sebaiknya mengenali dulu emosi yang dibuat oleh bayi. “Bayi akan menunjukkan emosi negatif misalnya menggeliat dan menunjukkan rasa tidak nyaman. Sementara pada bayi yang lapar, mereka akan membuka dan menutup mulut. Menangis menjadi cara terakhir ketika mereka tak dapat perhatian dari orangtua,” ujarnya.

Ketika bayi menangis, Ibu harus paham berarti ada kebutuhan yang tidak terpenuhi. Bayi apalagi pada bayi baru lahir tidak akan menangis tanpa alasan kecuali jika ada ke kebutuhan yang terpenuhi. “Menangis dan rewel sebagai tanda bahwa ada kebutuhan dasar yang belum ia dapatkan dan ia sedang menyesuaikan kehidupan di luar rahim,” ujar Jane Morton, M.D., profesor pediatri di Stanford University School of Medicine California. Tak hanya memenuhi kebutuhannya saja, Ibu juga harus banyak menyentuh dan mendekapnya.

Baca juga:5 Penyakit Penyebab Bayi Rewel yang Umum Terjadi 

Maria Gartstein, Ph.D., seorang psikolog di Washington State University mengungkapkan sentuhan seperti membelai rambut bayi dapat membuat bayi merasa aman dan nyaman. “Kebiasaan menyentuh bayi ini akan mengurangi hormon stres dan merangsang produksi oksitosin, hormon yang membuat bayi menjadi lebih tenang,” ujarnya. Menurut Garstein, Ibu bisa melakukan kebiasaan lain misalnya memijat kulit kepalanya saat mandi dan jangan lupa untuk menciumnya.

Baca juga: Kiat Menghadapi Bayi yang Sering Rewel

Ibu juga harus meluangkan waktu sejenak untuk bermain dengan si kecil. Kunci bayi tidak rewel dan terus bahagia adalah dengan adanya interaksi setiap hari. Jenn Mann seorang psikolog di Los Angeles sekaligus penulis Super Baby, mengungkapkan bahwa kadang kali orangtua yang sibuk membuat anak kurang mendapatkan interaksi. “Hadir di dekat bayi dengan kontak mata, senyum dan sentuhan dapat membuat bayi jauh lebih bahagia dan tidak membuatnya rewel,” ujarnya. Tak perlu sepanjang hari Ibu berinteraksi dengannya, cukup luangkan waktu sejenak dan saat ia sudah lelah berikan waktu untuknya beristirahat. Istirahat yang kurang juga menyebabkan anak jadi rewel.