“Fidget Toys”, Mainan Khusus yang Membantu Anak ADHD

By Avrizella Quenda, Senin, 10 April 2017 | 00:01 WIB
“Fidget Toys”, Mainan Khusus yang Membantu Anak ADHD (Avrizella Quenda)

Nakita.idBabble bekerja sama dengan PACER Center untuk membantu orangtua lebih memahami dan menavigasi kebutuhan anak-anak yang mengalami masalah kesehatan dan perilaku mental. Bulan ini, mereka berbicara tentang tantangan yang dihadapi oleh anak-anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) dan alat-alat baru yang membantu mengatasinya.

Menurut studi terbaru, ‘fidgeting’ dapat membantu anak-anak yang memiliki ADHD untuk meningkatkan konsentrasi mereka. Dan sekarang, telah dirancang khusus benda yang dikenal sebagai “fidgets” membantu anak-anak ADHD. Mungkin “fidgets” terlihat seperti mainan sehari-hari, tetapi dalam kenyataannya, mainan ini adalah alat terapi yang memiliki dampak besar.

Baca juga : Anak Hiperaktif, Waspada ADHD

Menurut Bridget Gilormini, direktur PACER Center’s Simon Technology Center, “fidgets” memberikan pengguna kesempatan untuk menggerakan tangan atau tubuh mereka, dan memungkinkan otak mereka fokus, seperti mendengarkan guru atau bacaan.

“Fidgets” sangat penting terutama membantu ketika seorang siswa perlu fokus terhadap lebih dari satu tugas, rencana kerja, dan mengingat informasi. “Fidgets”  bisa menjadi bola yang sedikit licin, cincin karet berlapis, atau bisa di bengkokkan.

Mainan ini tidak hanya berguna untuk anak-anak ADHD, tetapi dapat berguna bagi anak yang menderita spektrum autisme atau gangguan sensorik. Bahkan, Bridget mengatakan bahwa banyak orang dewasa dan orang normal bisa mendapatkan keuntungan dari benda tersebut.

Baca juga : 6 Nutrisi Terbaik untuk Anak ADHD

“Mungkin Anda memutar-mutarkan rambut Anda, bermain dengan cincin selama pertemuan,” Bridget menjelaskan. “Hampir semua orang gelisah pada satu waktu atau yang lain. Gelisah adalah cara untuk menggunakan gerakan yang membantu konsentrat; kadang-kadang membantu kita dengan energi gugup.”

“Bagi mereka dengan ADHD atau autisme, benda ini bahkan lebih penting,” tambah Bridget. “Mereka membantu anak-anak berkonsentrasi, fokus, dan belajar.”