Harus Caesar Karena Panggul Sempit, Maksudnya?

By Dini Felicitas, Senin, 10 April 2017 | 23:00 WIB
Meningkatkan Kekebalan Tubuh Bayi yang Lahir Caesar (Dini)

T: Selamat siang, Dokter Judi. Dokter, anak pertama saya (2,4) lahir caesar. Padahal bayinya cuma 3 kg. Kata dokter, panggul saya sempit. Maksudnya panggul sempit itu apa, Dok? Bisakah anak kedua nanti lahirnya lewat persalinan normal? Saya sedang merencanakan kehamilan kedua tapi enggan melahirkan csesar. Soalnya nyeri  bekas jahitan masih suka terasa.Terima kasih atas jawaban Dokter Judi. (Rian Andarani - Palembang)

J: Panggul sempit adalah kesempitan dari tulang panggul di mana ukuran-ukurannya tidak normal. Sebaiknya Ibu melakukan pemeriksaan kapasitas panggul melalui pemeriksaan radiologi, misalnya CT-scan panggul. Dari hasil pemeriksaan CT scan bisa diketahui ukuran pintu atas panggul, pintu tengah panggul, dan pintu bawah panggul, serta kapasitas panggul.

Dari kapasitas panggul juga dapat diketahui berapa berat janin yang dapat melewati panggul Ibu. Bila panggul Ibu sempit (abnormal) atau berat janin melebihi kapasitas panggul Ibu, maka Ibu tidak boleh melahirkan normal.

Program melahirkan normal pada pasien bekas operasi caesar memerlukan persyaratan yang ketat, misalnya tidak boleh melahirkan pada bidan, penyebab operasi caesar menetap atau tidak bisa diperbaiki (misalnya, panggul sempit atau patologis), penyembuhan luka di dinding rahim tidak baik, jarak kehamilan kurang dari satu tahun, dan sayatan dinding rahim memanjang dari atas ke bawah (insisi korporal).

Ibu sebaiknya melakukan konsultasi dulu dengan dokter spesialis kandungan sebelum  memutuskan hamil kembali. Terima kasih atas pertanyaannya.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh Bayi yang Lahir Caesar

Asuhan: Dr. Judi Januadi Endjun, Sp.OG Subbagian Fetomaternal Departemen Obstetri dan Ginekologi FK UPN Veteran/RSPAD Gatot Subroto