Seberapa Sering Anak-Anak Perlu Mandi dalam Sehari?

By Avrizella Quenda, Senin, 10 April 2017 | 11:47 WIB
Seberapa Sering Anak-Anak Perlu Mandi dalam Sehari? (Avrizella Quenda)

Nakita.id - Anak-anak punya banyak kebutuhan. Mereka butuh makanan (jauh lebih sering daripada yang Ibu mungkin pikirkan). Mereka butuh tidur (10 hingga 12 jam sehari!). Dan mereka butuh tetap bersih. 

Tak ada yang lebih menyenangkan daripada batita yang beraroma segar, dengan rambut yang lembab, dalam piyama yang nyaman dan bersih. Tapi, untuk bisa mewujudkan itu, Ibu butuh perjuangan keras. 

Anak yang protes ketika akan dimandikan juga akan protes ketika disuruh selesai mandi. Mungkin anak akan mengeluh tentang sabun yang terkena mata dan perih. Ada pula yang mengeluh sakit karena Ibu menggosok kulit kepala terlalu keras atau kondisi air terlalu dingin/panas.

Baca juga : Kapan Anak Boleh Mulai Mandi Air Dingin

Sekarang banyak orang tua yang tidak begitu mementingkan seberapa sering anak akan mandi. Seorang ibu berkata, “Ketika saya hanya punya satu anak, mandi adalah kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan. Ketika anak sudah tiga, kegiatan mandi lebih seperti mencuci piring. Memasukkan dan mengeluarkan mereka dari bak mandi.”

Jadi, seberapa sering anak-anak benar-benar membutuhkan waktu mandi?

Bayi baru lahir tidak perlu dimandikan setiap hari. Dokter anak Dr Loretta Cody mengatakan, “Bayi yang baru lahir dapat dimandikan setiap beberapa hari.”

Baca juga : Cara Mudah Ajak Batita Mandi

Setelah usianya sudah cukup tua untuk melakukan berbagai aktivitas fisik di luar rumah, anak disarankan mandi lebih sering. ”Mandi dapat menjadi bagian penting dari rutinitas tidur untuk anak-anak, sinyal bahwa sudah waktunya untuk pergi ke tempat tidur sehingga orang tua dapat bersantai.

Tapi, untuk anak-anak yang berkulit kering, sebaiknya gunakan air hangat dan mandi dalam jangka waktu singkat. “Untuk pasien ini, mandi harus kurang dari 10 menit, sehingga hanya sabun ringan atau pembersih yang digunakan. Kunci untuk mempertahankan hidrasi kulit setelah mandi adalah aplikasi pelembab dalam waktu 3 menit setelah menyelesaikan mandi,” ungkap dokter kulit Dr Alyson Levine.

Baca juga : 4 Tahap Mengajarkan Konsep Waktu pada Anak

Anak-anak kisaran usia 2 tahun bisa menghabiskan waktu mandi sekitar 30 menit dalam bak mandi dan kemudian ia akan menangis histeris ketika Ibu mencoba untuk mengoleskan lotion, bedak, atau minyak di tubuhnya. Namun, ketika musim hujan tiba, gunakan pembersih yang lembut untuk menjaga kulitnya tidak terlalu kering.

Atau saat Ibu dan keluarga berencana pergi berenang di tempat umum, para ahli mengatakan klorin benar-benar dapat mengeringkan kulit anak-anak Anda. Jadi pastikan untuk segera bilas dengan air bersih setelah berenang.

Jika Ibu tidak punya waktu untuk melakukan rutinitas mandi malam, mandi sore atau mandi setiap beberapa hari tidak apa-apa, tetapi pastikan anak untuk selalu mencuci tangan untuk mencegah penyebaran infeksi.