Batita Usia 1 Tahun Ini Membutuhkan Donor Sumsum Tulang Segera

By Avrizella Quenda, Selasa, 11 April 2017 | 11:35 WIB
Batita Usia 1 Tahun Ini Membutuhkan Donor Sumsum Tulang Segera (Avrizella Quenda)

Nakita.id - Setiap orang tua akan melakukan apa pun demi keselamatan dan kesehatan anak-anak mereka. Ini juga sebabnya mengapa keluarga Emilie begitu gigih mencari donor sumsum tulang belakang yang sangat dibutuhkan Emilie. Beruntung, Emilie akhirnya mendapatkan donor yang cocok dengannya. 

Emilie baru saja merayakan ulang tahun pertamanya pekan lalu di Johns Hopkins All Children’s Hospital di St. Petersburg. Menurut ABC Action News, gadis cilik ini menderita Leukemia myeloid akut, dan ia berpacu dengan waktu. 

Emilie membutuhkan transplantasi sumsum tulang belakang secepat mungkin. Sayangnya, kedua orang tuanya hanya cocok setengah. “Banyak orang yang bertanya mengapa mereka tidak mengambil dari kamu separuh dan suamimu separuh agar Emilie mendapat sepenuhnya. Tapi tidak semudah itu keadaannya,” kata Roxie Meza, ibu Emilie.

Baca juga : Kisah Ibu yang Rela Donorkan Sumsung Tulang Agar Anaknya Menang Melawan Leukemia

“Kami telah melewati hari-hari baik dan buruk,’ kata Roxie. Mereka menghabiskan sebagian besar waktu di rumah sakit tempat Emilie dirawat. Ia didiagnosis ketika berusia sembilan bulan. Melihat anak semuda itu telah menderita penyakit sangat serius sungguh memilukan. 

“Sangat sulit karena kadang-kadang tak ada yang bisa Anda lakukan. Emilie begitu kecil. Ia tidak bisa mengatakan apa yang ia rasakan. Ia tidak bisa mengatakan, ‘ma, tulang-tulang saya sakit,’ kata sang ibu. 

Dari sanalah, pintu hati orang lain terketuk untuk coba membantu. “Ada begitu banyak anak dan keluarga yang membutuhkan dan mencari donor sumsum tulang untuk transplantasi. Sumsum tulang dibutuhkan dengan siapa Anda akan cocok,” jelasnya. Roxie mengatakan bahwa menemukan donor sangat sulit. Semakin banyak orang yang masuk mendaftar sebagai donor, peluang pasien akan semakin baik. 

Baca juga : Kisah Bayi 1 Tahun yang Sembuh dari Penyakit Leukemia

Para dokter akan memeriksa daftar donor untuk Emilie akhir bulan ini dan jika tak ada yang cocok, mereka akan memakai sumsum tulang ayah Emilie, meskipun hanya setengah cocok. Kondisi ini memang tidak ideal karena tubuh Emilie bisa saja menolak setengahnya yang tidak cocok dengan sel-selnya. 100 persen cocok adalah peluang terbaik bagi Emilie untuk sembuh. 

Batita ini akan mulai kemo ketiga, yang berarti sisa 5-6 minggu Emilie dirawat di rumah sakit. Pada Juni, kata Roxie, Emilie perlu menjalani transplantasi, terlepas apakah donor yang cocok telah ditemukan. Jadi, inilah alasan mengapa begitu penting untuk menemukan donor yang sempurna.

Sementara itu, keluarga hanya bisa berharap. “Kami akan memperbarui dan berdoa untuk membantu kami dan memotivasi orang lain untuk membantu menyelamatkan anak saya atau kehidupan lain yang membutuhkan.”

Baca juga : Mudah Berdarah dan Memar, Tanda Leukemia pada Anak

“Sebagai seorang ibu, Anda harus tetap bersama-sama. Anda harus kuat sepanjang waktu, tapi saya tidak ingin menjadi kuat. Saya ingin berada di rumah. Saya ingin berada di rumah bersama anak saya di tempat tidurnya,” tuturnya menahan sedih.