Nutrisi ASI Berbeda Berdasarkan Jenis Kelamin Bayi

By Avrizella Quenda, Sabtu, 22 April 2017 | 02:38 WIB
Nutrisi ASI yang Diterima Bayi Berbeda Berdasarkan Jenis Kelaminnya (Avrizella Quenda)

Nakita. id - ASI adalah sumber utama nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. Tapi kebanyakan dari kita tidak tahu fakta bahwa perubahan nutrisi ASI tergantung pada jenis kelamin bayi. Menurut penelitian baru, jenis kelamin bayi yang menentukan komposisi ASI. Jumlah protein, mineral, gula, vitamin dan lain-lain berubah mengikuti jenis kelamin bayi.

Pada September 2012, sebuah studi di Michigan State University menemukan bahwa di antara 72 ibu di pedesaan Kenya, ibu dengan bayi laki-laki umumnya menghasilkan susu kaya 2,8 persen lemak dibandingkan dengan bayi perempuan yaitu 0,6 persen.

(Baca juga : Fakta ASI: Komposisi ASI Berbeda dari Hari ke Hari)

Ada pula studi yang dilakukan di Boston University pada tahun 2010 yang mengukur kepadatan nutrisi dan energi pada ASI ibu di Massachusetts. Studi tersebut mengungkapkan bahwa ibu dari bayi laki-laki menghasilkan susu yang memiliki kandungan energi 25% lebih banyak daripada ibu dari bayi perempuan.

Setelah mempelajari komposisi susu, peneliti menentukan bahwa tubuh perempuan menghasilkan susu yang sesuai dengan jenis kelamin tertentu. Ketika seorang ibu memberikan ASI pada bayi perempuan, ASI cenderung memiliki lebih banyak kalsium dan ketika ibu memberikan ASI-nya pada bayi laki-laki, kadar proteinnya dalam susu cenderung lebih tinggi.

(Baca juga : Ini Lho, Kandungan Nutrisi dalam ASI yang Bermanfaat untuk Bayi)

Pola menyusui juga bisa berubah tergantung pada jenis kelamin bayi. Bahkan, janin selama tahap-tahap perkembangan, cenderung untuk melepaskan sinyal hormonal tertentu. Ini akan membantu tubuh untuk mempersiapkan komposisi susu.

Tubuh manusia tahu apa yang bayi butuhkan. Bayi perempuan mungkin membutuhkan nutrisi yang berbeda dan bayi laki-laki mungkin membutuhkan nutrisi yang lain lagi dari ASI. Komposisi susu juga cenderung mengalami beberapa perubahan selama siklus pertumbuhan bayi. Karena kebutuhan nutrisi cenderung berubah begitu bayi mulai bertumbuh, komposisi susu pun berubah untuk mengikuti kebutuhan itu. 

(Baca juga : Nutrisi dan Stimulasi Terbaik untuk Tumbuh Kembang Alami)

Meskipun tidak ada bukti yang jelas untuk menentukan mengapa nutrisi ASI berbeda antara ibu dari bayi laki-laki versus ibu dari bayi perempuan, ada bukti yang menunjukkan bahwa perubahan pada tubuh perempuan dimulai saat bayi berada dalam rahim. Para ilmuwan akan terus mempelajari bagaimana ASI memengaruhi perkembangan bayi dan bagaimana susu bisa memberikan perbedaan nutrisi untuk bayi tertentu. Ini juga bisa membantu mencocokkan ASI yang baik untuk bayi yang sakit dan prematur.milk-nutrients-differ-depending-gender/