5 Rutinitas yang Harus Disetop Saat Ingin Hamil

By Irene Harris, Selasa, 2 Mei 2017 | 03:30 WIB
Mengecat rambut sebaiknya ditentikan dulu selama ibu hamil. (Dini Felicitas)

Nakita.id - Kehamilan itu butuh persiapan, bukan hanya satu melainkan beberapa bulan sebelumnya. Perubahan gaya hidup menjadi lebih baik akan membuat Ibu dapat lebih cepat hamil dan kehamilan yang dijalani pun akan lebih sehat.

Ada beberapa rutinitas yang sering Ibu lakukan sebelum memiliki anak yang perlu dihentikan segera agar bisa segera memiliki keturunan. Berikut ini adalah 5 kebiasaan yang perlu dihentikan jika ingin hamil.

1. Minum pil kontrasepsi. Jelas, kehamilan tidak bisa terjadi bila Ibu masih minum pil KB. Tapi, yang disarankan oleh Robert A. Greene, MD, salah satu penulis buku Perfect Hormone Balance for Fertility, adalah menghentikan konsumsi pil ini beberapa bulan sebelum mulai mencoba untuk hamil. "Dalam  kurun waktu yang cukup lama ini Ibu akan bisa mengamati berapa lama sebenarnya siklus menstruasi Ibu setiap bulan. Dari situ, Ibu bisa memperkirakan masa ovulasi, yaitu masa ketika Ibu berada dalam kondisi sangat subur sehingga mudah terjadi kehamilan," jelas Greene. Jika Ibu sudah lama minum pil KB, siklus Ibu mungkin akan berbeda dengan ketika Ibu belum mulai minum pil.

2. Konsumsi alkohol dan rokok. Dua kebiasaan ini jelas tidak bersahabat bagi kehamilan, jadi kebiasaan ini harus dihentikan ketika ingin hamil, demikian menurut Jennifer Wider, MD, penulis bukuThe New Mom's Survival Guide dan Penasihat Medis untuk Society for Women's Health Research. "Konsumsi alkohol berlebihan telah terbukti dapat mengganggu fertilitas sehingga Ibu bisa sulit hamil. Begitu juga dengan kebiasaan merokok yang bisa mempengaruhi kualitas sel telur, serta meningkatkan risiko cacat lahir pada bayi, keguguran, hingga persalinan prematur," kata Wider lagi. Tidak hanya Ibu yang perlu berhenti minum alkohol dan merokok, pasangan pun harus berkomitmen sama agar bisa cepat punya anak.

3. Batasi kafein. Bukannya kafein itu buruk bagi kehamilan, namun jika Ibu terbiasa minum kopi lebih dari 4 cangkir sehari, saatnya untuk menguranginya. "Beberapa studi memperlihatkan bahwa kafein dapat memicu terjadinya keguguran. Selain itu, berhenti atau mengurangi kafein sebelum hamil dapat mencegah keinginan untuk mengonsumsinya selama hamil," kata Dr. Wider. Yang termasuk minuman kafein bukan hanya kopi, melainkan juga minuman bersoda, teh, minuman energi, hingga beberapa obat pereda nyeri tertentu.

4. Mewarnai rambut. Jika selama ini Ibu rajin mewarnai rambut, saatnya berhenti sebelum hamil. Sebab, Ibu tidak mungkin juga melakukan perawatan seperti ini saat hamil. Menurut Dr. Wider, semakin minim paparan zat kimia pada rambut, terutama pada trimester pertama, akan semakin baik bagi bayi.

5. Belanja baju. Mengingat beberapa bulan lagi Ibu akan hamil, sebaiknya stop dulu hobi berbelanja baju. Lebih baik Ibu menabung, sehingga begitu sudah hamil Ibu dapat membeli beberapa baju khusus untuk kehamilan.