Yuk, Ubah Rumah Jadi Lingkungan Ramah Bayi

By Avrizella Quenda, Kamis, 27 April 2017 | 10:02 WIB
Orangtua Perlu Perhatikan Tingkat Keselamatan Bayi di Rumah (Avrizella Quenda)

Nakita.id - Bagi para calon orang tua, mengatur isi rumah dan melihat apa yang harus diubah agar calon bayi aman tentu sangat menggairahkan. Coba masukkan barang-barang yang aman untuk bayi di mesin pencarian internt, dan orang tua bakal mendapatkan daftar tanpa ujung barang-barang yang harus dimiliki. 

Orang tua baru barangkali akan bertanya, apakah saya benar-benar membuat rumah saya ramah bayi? Tentu saja. Tapi, Ibu tidak harus membeli semua barang yang ada di toko daring. Para pakar malah sepakat untuk menyarankan Ibu agar mengikuti kata hati. 

"Anda pasti antusias,” kata Meghann Wellard, seorang praktisi perawat anak dari Maryland. "Tapi hanya beberapa produk yang masuk akal.” 

Meghan yang juga seorang ibu dari tiga anak baru-baru memberikan tip kepada Today Parents untuk orang tua baru agar dapat menciptakan lingkungan ramah bayi.

1. Kenali pengaturan pemanas air di kamar mandi

Agar bayi, yang sering penasaran, tetap aman di rumah, Meghann menyarankan agar pemanas air pada shower diatur kurang dari 49 derajat celsius.

"Sekitar usia 15 bulan, anak-anak menjadi senang bermain dengan kenop dan memutar benda," kata Meghann. "Mereka masuk ke kamar mandi, menyalakan air panas, dan membakar diri sendiri. Kami melihat begitu banyak luka bakar di ruang gawat darurat yang disebabkan oleh anak-anak yang bermain di kamar mandi, tapi jika suhu diatur kurang dari 49 derajat, tentu saja hal ini tidak akan terlalu membahayakan."

(Baca juga : Hati-hati 5 Benda Rumahan ini Berisiko Sebabkan Anak Keracunan)

Menurut Komisi Keamanan Produk Konsumen atau Consumer Product Safety Commission (CPSC), di Amerika Serikat mayoritas korban luka dan korban tewas akibat tenggelam di bak mandi yang terisi air keran melibatkan orang tua dan anak-anak di bawah usia lima tahun. Baik CPSC dan Meghann mengingatkan orang tua untuk selalu bersama anak-anak mereka di kamar mandi, karena membiarkan anak tanpa pengawasan dalam jangka waktu tertentu dapat mengakibatkan cedera serius.

2. Jaga agar kamar mandi tetap terkunci atau diamankan setiap saat

"Kamar mandi adalah area yang luas di mana cedera bisa terjadi," kata Meghann memperingatkan. "Anak-anak bisa tenggelam dalam jumlah air yang kecil, bahkan walau hanya beberapa sentimeter."

Meghann mengatakan bahwa bayi dan anak-anak juga tertarik bermain di toilet dan membuka lemari kamar mandi, yang sering dilengkapi dengan pembersih dan obat-obatan yang berbahaya. CPSC mengatakan kepada Today Parents bahwa hampir 90 anak-anak tenggelam di dalam rumah di Amerika setiap tahun, sehingga penting untuk tetap mengunci pintu kamar mandi.