Manfaat Tak Terduga Jika Minum Air Putih 10 Menit Setelah Bangun Tidur

By Gisela Niken, Kamis, 27 April 2017 | 02:36 WIB
Minum air putih ternyata memiliki banyak manfaat (Gisela Niken)

Nakita.id -  Banyak kebiasaan kecil yang jika dilakukan sehari-hari dapat membawa perubahan besar pada kondisi tubuh. Salah satunya memulai kebiasaan minum air putih beberapa saat setelah bangun tidur. Inilah manfaatnya yang tak terduga bagi tubuh.

Baca juga: Begini Manfaat Cukup Minum Air Putih Bagi Tubuh 

Sebuah penelitian yang diterbitkan The Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism pada 2003 mengatakan minum air putih saat perut kosong bisa meningkatkan tingkat metabolisme hingga 24%. Hal ini akan meningkatkan sistem pencernaan ke taraf yang lebih baik. Minum air saat bangun tidur juga akan meningkatkan kerja usus besar sehingga menghindarkan terjadinya sembelit.

Meningkatnya metabolisme dalam tubuh juga akan memabantu Ibu yang sedang menurunkan berat badan. Minum air putih di pagi hari saat perut kosong dapat melepaskan racun karena sistem pencernaan juga lebih lancar. Sistem pencernaan yang lancar bisa menurunkan nafsu makan sehingga mencegah Ibu mengonsumsi makanan berlebih selama satu hari penuh. Tidak hanya untuk urusan penurunan berat badan, air putih di pagi hari juga berhubungan dengan kecantikan.

Baca juga: Trik Agar Anak Suka Minum Air Putih

Sebuah penelitian dari Nutrition Reviews mengungkapkan air putih saat perut kosong dapat meningkatkan aliran darah di kulit sehingga kulit tampak bersinar. Racun sisa metabolisme yang dikeluarkan teratur secara tidak langsung juga membuat kulit lebih bercahaya. Dehidrasi juga berdampak pada rambut. Minum banyak air dapat memberikan kelembapan kepada rambut dari dalam. Rambut yang kuat dan bisa didapatkan dari asupan air putih yang cukup.

Baca juga: Tanda Mama Belum Cukup Minum Air Putih 

Minum air putih saat perut kosong juga membantu kerja sistem limfatik hingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang kuat tentunya akan membuat Ibu tidak mudah jatuh sakit. Air putih di pagi hari juga dapat meningkatkan kerja otak dengan meningkatkan fokus dan kerja otak selama satu hari. Nah, berbagai manfaat tadi menunjukkan bagaimana kebiasaan kecil yang dilakukan konsisten ternyata akan membawa manfaat besar bagi tubuh selama satu hari penuh.