Baru Berumur 8 Bulan, Chahat Kumar Berberat Sama Seperti Anak Usia 4 tahun

By Avrizella Quenda, Selasa, 2 Mei 2017 | 11:27 WIB
Viral! Bayi Berumur 8 Bulan di India Memiliki Berat Badan Seperti Rata-rata Anak Usia 4 tahun (Avrizella Quenda)

Nakita.id - Foto bayi asal India yang beredar di internet memperlihatkan bentuk tubuhnya yang sangat gemuk dan tampak seperti anak usia balita. Berat tubuhnya sama dengan rata-rata anak berusia 4 tahun, padahal umur sebenarnya baru 8 bulan.

Banyak orang menggunakan media sosial untuk menyuarakan keprihatinan mereka tentang kondisi anak tersebut begitu pula dengan para dokter. Reaksi yang muncul di Facebook dan platform media sosial lainnya bermacam-macam saat mereka melihat foto bayi perempuan yang diidentifikasi bernama Chahat Kumar.

(Baca juga : Banyak Orangtua Tak Sadar Anaknya Obesitas)

Beberapa orang mengatakan bahwa ia imut, sementara yang lain mengatakan bahwa bayi itu mungkin saja menderita masalah kesehatan yang menyebabkan ia memiliki postur tubuh yang terlalu gemuk. Banyak yang mengira bayi itu lucu, namun yang terpenting ialah dokter harus menemukan cara untuk mengetahui lebih banyak tentang situasi Chahat.

Orang tua Chahat mengatakan bahwa bayinya tidak mengalami komplikasi saat kelahiran. Ketika ia berusia beberapa bulan, Chahat mulai bertambah berat badan dan beratnya kini mencapai 17 kilogram. Orang tuanya juga menjelaskan bahwa nafsu makannya meningkat dan menangis jika ia tidak diberi makan, The Financial Express melaporkan.

(Baca juga : Anak Kegemukan Berpotensi Kena Hipertensi)

Ayah Chahat mengatakan bahwa bukan salah mereka bila putrinya tumbuh sedemikian rupa dan mengklaim bahwa Tuhan yang telah memberikan kondisi ini untuk Chahat. Ia menambahkan, "Bukan berada di tangan kita, saya merasa tidak enak saat beberapa orang menertawakannya karena ia gemuk." Karena ukuran dan ketebalan kulitnya, dokter tidak bisa mendapatkan sampel darah untuk menguji dan melihat penyebab penambahan berat badan.

Menurut Web MD, alasan paling umum kasus obesitas pada anak-anak mencakup faktor terkait genetik, kurangnya aktivitas fisik dan kebiasaan makan yang tidak sehat. Kasus lain yang mungkin terkait dengan kondisi medis ini adalah yang ada kaitannya dengan masalah hormonal.

(Baca juga : Ciri-ciri Bayi Obesitas yang Tidak Sehat Lagi)

Orang tuanya mengatakan ia juga memiliki masalah dengan pernapasan dan pola tidur. Ia tidak ingin berolah raga padahal orang tuanya berusaha mengurangi berat badannya. Orang tuanya jarang membawanya ke luar karena terlalu berat menggendongnya. 

Gadis cilik ini punya seorang dokter keluarga, namanya Vasudev Sharma. Ia mengatakan kepada orang tua Chahat untuk membawanya ke rumah sakit, tapi keluarga tersebut tak punya uang. 

Lihat videonya di sini!