Cara Efektif Mengatasi Mimisan Pada Anak

By Avrizella Quenda, Rabu, 26 April 2017 | 05:47 WIB
Cara Efektif Mengatasi Mimisan Pada Anak (Avrizella Quenda)

Nakita.id - Beberapa anak pernah mimisan, atau keluarnya darah dari hidung karena adanya beberapa faktor. Untuk itu, berikut adalah cara perawatan mimisan pada anak yang efektif dari Dr. Anna Messner, spesialis dokter THT (Telinga, Hidung, dan Tenggorokan) anak di Stanford University Medical Center.

Yang Perlu Dilakukan :

(Baca juga : Jangan Minta Anak Mendongak Ketika Mimisan)

Yang Tidak Perlu Dilakukan :

(Baca juga : Deteksi Kesehatan Anak Lewat Kondisi Mulut)

Serba-serbi Mimisan

Epistaks berulang adalah kondisi darah yang menetes dari hidung secara teratur. ("Staxis" berasal dari bahasa Yunani, untuk menetes). Dan kondisi ini paling lazim dialami pada anak-anak. Dua penyebab utamanya adalah udara kering dan pengorekan hidung yang terlalu agresif, tetapi penyebab umum mimisan lainnya adalah alergi, penggunaan aspirin, hemofilia, sinusitis, dan flu biasa.

Alasan mengapa anak-anak sering mimisan adalah bahwa hidung merupakan pusat pembuluh darah dan setiap kebocoran atau kerusakan bisa dibandingkan dengan pipa air yang pecah. Meski menimbulkan gangguan, mimisan sangat jarang dikategorikan sebagai masalah kesehatan yang serius. Namun, jika mimisan anak tetap berlanjut, temui dokter segera.

(Baca juga : Kenali Penyebab Sinusitis)