Ini Trik Siapkan Masa Depan Anak Tanpa Keluarkan Uang

By Megiza, Senin, 15 Mei 2017 | 08:02 WIB
Ternyata, Ini Nutrisi Penting yang Dapat Meningkatkan Perkembangan Otak Anak (Gisela Niken)

Nakita.id - Semua orang tua sudah tentu menginginkan yang terbaik untuk anak-anak mereka. Mulai dari menyiapkan dana pendidikan hingga memberikan anak les tambahan di sepanjang masa sekolah mereka. 

Akan tetapi, sebenarnya ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan orang tua untuk membuat anaknya kian mempunyai kesempatan meraih sukses di masa depan, tanpa harus mengencangkan ikat pinggang di masa kecil mereka. 

1. Biasakan anak melakukan pekerjaan rumah Mereka mungkin saja tidak menyukainya pada saat itu, tetapi anak-anak akan berterima kasih kelak jika Anda membuat aturan tentang kewajiban mereka membantu pekerjaan rumah Ibu dan Ayah. Mantan Dekan Stanford University, Julie Lythcott-Haims, mengatakan kepada Tech Insider bahwa kebiasaan seperti itu akan membuat anak tumbuh dengan lebih berempati dan mandiri. 

"“Dengan membuat mereka melakukan tugas-tugas rumah tangga — membuang sampah, mencuci baju sendiri — mereka menyadari bahwa mereka harus melakukan pekerjaan kehidupan untuk menjadi bagian dari kehidupan," ujarnya.

Baca juga tentang pendidikan, teknologi, keuangan, informasi, dan sebagainya di website Nawasiana.

2. Hindari stres berlebihan Penelitian telah menyimpulkan bahwa orang tua yang stres cenderung mengucapkan hal-hal negatif kepada anak. Karenanya, jika Ibu dan Ayah sudah merasakan kelelahan karena tugas kantor, baiknya luangkan waktu untuk menenangkan diri sebelum menemui anak. Cobalah untuk santai saat berada di sekitar anak.

3. Mengajari keterampilan sosial Anak-anak dengan keterampilan sosial yang baik cenderung mendapatkan masa depan yang jauh lebih sukses. Menurut para peneliti dari Pennsylvania State University dan Duke University, jika keterampilan sosial dipahami sejak dini, anak-anak akan lebih berhasil di sekolah dan mudah mendapatkan karir yang bagus. 

4. Menguasai Matematika Sejak Dini Sebuah analisis pada 2007 tentang 35 ribu anak dari AS, Inggris dan Kanada menemukan bahwa memulai belajar matematika lebih awal membuat perbedaan besar untuk berprestasi di semua mata pelajaran. 

Baca juga tentang pendidikan, teknologi, keuangan, informasi, dan sebagainya di website Nawasiana.

Bahkan jika Ibu tidak hebat dalam pelajaran matematika, menghabiskan waktu menajari anak-anak pengetahuan matematika paling dasar sebelum mereka mulai sekolah akan memberi dorongan besar di kelas. 

5. Hargai usaha mereka Orang tua dari anak-anak yang berhasil biasanya lebih mementingkan upaya yang ditunjukkan anak-anak, ketimbang pentingnya menghindari kegagalan. Psikolog dari Stanford University Carol Dweck berpendapatn bahwa memuji usaha akan mengajarkan anak bahwa kegagalan bisa menjadi pengalaman pembelajaran. Dari kegagalan, mereka bisa tumbuh dan berkembang. 

6. Ajari anak untuk tekun dan bersemangat Psikolog dari University of Pennsylvania, Angela Duckworth, mengatakan hal-hal yang menguatkan tekad anak agar mereka mengetahui pencapaian jangka panjangnya kelak adalah sifat yang butuh ditanamkan demi masa depan anak yang sukses. 

7. Tetapkan Harapan yang Tinggi Profesor Neal Halfon dari University of California Neal Halfon mengungkapkan bahwa orang tua yang berharap banyak dari anak-anak mereka kemungkinan menciptakan mimpi yang mereka akan penuhi sendiri. Ini berarti, apa pun latar belakang Anda, menetapkan standar yang tinggi kemungkinan membantu anak Anda meniti kesuksesannya sendiri. 

8. Tahu arti nama anak Terakhir, hal yang dapat membuat masa depan anak cerah adalah faktor pemilihan nama yang tepat untuk bayi oleh para orang tua. Hal ini disebut-sebut dapat membantu anak tumbuh besar dengan sejahtera.