Tip Membesarkan Anak Vegan yang Sehat

By Avrizella Quenda, Sabtu, 29 April 2017 | 10:32 WIB
Tip Membesarkan Anak Vegan yang Sehat (Avrizella Quenda)

Nakita.id - Mungkinkah membesarkan anak yang mengikuti pola makan vegan (sebutan orang yang hanya mengonsumsi sayuran) dan masih bisa memenuhi kebutuhan gizi anak? Tentu saja! Orang tua yang membesarkan anak vegan perlu menyadari cara untuk memastikan bahwa kebutuhan gizi anak terpenuhi. Dengan edukasi dan usaha, membesarkan anak dengan pola makan vegan bisa saja sukses dan sehat.

Berikut adalah beberapa tip untuk usia yang berbeda.

(Baca juga : Batita Jadi Vegetarian Karena Sayang Hewan. Bagaimana Ibu Mengatasinya)

Membesarkan Bayi Vegan

ASI sangat ideal untuk bayi vegan. Namun, susu formula yang berbahan dasar kedelai pun bisa digunakan jika perlu. Pengenalan makanan padat akan mengikuti perkembangan yang sama seperti bayi non-vegan, dengan tahu tumbuk atau bubur tahu, kacang polong, dan yogurt kedelai yang berguna menggantikan daging.

Usia bayi sekitar tujuh sampai sepuluh bulan, keju kedelai, tahu yang dipotong kecil-kecil dan potongan kecil burger sayuran dapat diperkenalkan. Kentang kedelai, almond, nasi, atau susu kedelai berlemak penuh dapat digunakan sebagai minuman utama untuk anak vegan yang dimulai pada usia satu tahun.

Makanan kaya energi dan nutrisi, seperti kacang-kacangan, alpukat tumbuk, dan tahu harus diberikan saat bayi vegan sedang disapih. Selain itu, lemak diet tidak boleh dibatasi pada anak di bawah usia dua tahun.

(Baca juga : Trik Sederhana Agar Anak Suka Makan Sayur)

Rekomendasi suplemen diet biasanya sama dengan bayi non-vegan. Bayi harus cukup menerima vitamin B-12, kalsium, vitamin D, dan zinc, dan suplemen jika diperlukan.

Membesarkan Anak Vegan

Sering mengonsumsi kudapan atau camilan membantu anak-anak vegan memenuhi kebutuhan nutrisi dan energi. Penting juga untuk memasukkan beberapa makanan olahan, seperti sereal, dan makanan yang lebih tinggi lemak tak jenuh, seperti alpukat, kacang-kacangan, buah zaitun, biji-bijian, dan minyak tertentu. Dua atau tiga sumber protein nabati atau kacang-kacangan dibutuhkan per hari untuk memastikan protein dan zat besi tercukupi sempurna.

Jangan berikan kacang utuh kepada anak di bawah lima tahun. Tumbuk kacang hingga halus atau buat menjadi mentega kacang halus. Memilih pola makan vegan bisa menjadi pilihan sehat, namun, berikut adalah beberapa nutrisi penting yang harus diperhatikan dan sumber masing-masing:

(Baca juga : Jarang Makan Sayur, Anak Bisa Idap Kolesterol Tinggi)

Mengetahui bagaimana memenuhi kebutuhan gizi anak saat mengikuti pola makan vegan sambil mengedukasi anak adalah kunci sukses. Bila Ibu butuh bantuan, dokter anak atau ahli diet dapat membantu anak tumbuh besar dan kuat dalam pola makan vegan.