Jangan Buang Kulit Lemon, Ini Manfaatnya untuk Tubuh!

By Gisela Niken, Rabu, 3 Mei 2017 | 21:29 WIB
Terdapat manfaat kulit lemon yang tidak terduga (Gisela Niken)

Nakita.id – Lemon kaya akan vitamin C dan sangat baik untuk kesehatan. Namun, tahukah Ibu bahwa bagian dari lemon yang bermanfaat tak hanya pada buahnya saja tetapi juga pada kulitnya. Jadi, mengonsumsi air dengan lemon atau memarut kulit lemon di atas makanan bisa jadi alternatif untuk mendapatkan manfaatnya. Inilah alasannya:

Baca juga: Minum Air Hangat Campur Madu dan Perasan Lemon Setiap Pagi, Ini Manfaatnya yang Tak Terduga! 

- Kulit lemon ternyata memiliki bahan flavonoid dan salvestrol Q40 yang dapat mencegah  dan membantu melawan sel kanker. Konsumsi kulit lemon dapat mencegah berbagai serangan kanker tertentu seperti kanker payudara, kanker usus besar dan kanker kulit.

- Kandungan polifenol flavonoid pada kulit lemon membantu menurunkan kolesterol jahat. Mengapa harus mencari pengobatan yang berefek samping berbahaya jika ada bahan alami yang dapat bekerja secara efektif?

Baca juga: Minum Air Hangat Lemon Memang Sehat, Namun Ada Cara yang Lebih Menyehatkan 

- Menurut USDA National Nutrient Database for Standard Reference, 100 gram kulit lemon mengandung 134 mg kalsium. Kandungan kalsium yang tinggi ini sangat baik untuk berbagai organ di tubuh misalya tulang, saraf dan otot. Linus Pauling Institute juga merekomendasikan kulit lemon untuk kesehatan tulang. Kalsium dalam lemon akan melindungi osteoporosis serta risiko patah tulang.

- Bahkan bagi perempuan, kulit lemon dapat mencegah masalah saat menjelang masa menopause.

Baca juga: Minum Ramuan Ini 5 hari, Bobot Tubuh Dijamin Susut 3 Kilogram

- Hampir sama dengan kandungan buahnya, kulit lemon juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan kandungan vitamin C. Salah satunya karena kandungan vitamin dalam kulit lemon berfungsi sebagai antioksian yang mampu melindungi sel-sel dari radikal bebas.

- Ibu juga bisa menurunkan berat badan dengan bantuan kulit lemon. Linus Pauling Institutes juga menjelaskan kandungan pectin dalam lemon dapat membantu seseorang untuk menurunkan berat badan. Apalagi kandungan 10,6 gram serat per 100 gram kulit lemon dapat melancarkan sistem pencernaan.