Pameran Travel, dari Spesialis Liburan ke Jepang hingga Moslem Vacation

By Dini Felicitas, Minggu, 30 April 2017 | 00:30 WIB
Shopalogic Travel & Food Fair 2017 oleh Sabre Indonesia. (Dini Felicitas)

Nakita.id - Pameran travel saat ini semakin sering diadakan di Jakarta dan berbagai kota di Indonesia. Karena, liburan atau travelling sekarang ini sudah menjadi gaya hidup masyarakat di kota besar. Travel fair yang digelar hampir setiap bulan juga selalu dipenuhi pengunjung yang ingin berlibur singkat di akhir minggu, atau libur panjang yang harus direncanakan setahun sebelumnya.

Menjelang liburan sekolah, travel fair juga semakin sering digelar. Sejak awal tahun, setidaknya ada BCA Singapore Airlines Travel Fair di Gandaria City (24-26 Februari), Japan Travel Fair di Kota Kasablanka (3-5 Maret), Astindo Fair di JCC (24-26 Maret), Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2017 Phase I di JCC (10-12 Maret), The World of Holidays (WOH) dari Panorama JTB Tours di Central Park Mall (30 Maret – 2 April), dan Pondok Indah & Sabre Travel Fair di Pondok Indah Mall (6-9 April). Garuda Indonesia juga membuat travel fair versi online, yaitu Garuda Online Travel Fair (GOTF) 2017 pada 30 Maret - 5 April 2017 lalu.

Akhir minggu ini, setidaknya ada dua travel fair yang digelar di mall, yaitu Shopalogic Travel & Food Fair 2017 di Mall Taman Anggrek (28-30 April), dan Golden Rama Experience Travel 2017 di Summarecon Mall Serpong (17-30 April). Awal Mei, tepatnya 3-7 Mei 2017, akan ada World Travel Expo 2017 di Central Park Mall. Ayah dan Ibu yang lebih suka liburan menggunakan kereta api bahkan bisa mengunjungi Kereta Api Travel Fair 2017 di Exhibition Hall B, Jakarta Convention Center, 20 - 21 Mei 2017!

Semakin banyaknya travel fair yang digelar, tentu membuat pihak penyelenggara harus semakin kreatif menciptakan paket promo. Itu menyebabkan masing-masing memiliki ciri khas yang jadi andalan.

Spesialis liburan ke Jepang

Panorama Tours dipercaya sebagai agen travel spesialis liburan ke Jepang berkat program-program unggulannya. Menurut Royanto Handaya, Chief Executive Officer PT Panorama JTB Tours Indonesia, Jepang saat ini memang menjadi pasar yang sangat menarik bagi turis Indonesia.

"

Paket wisata ke Jepang yang ditawarkan memang benar-benar menggoda. Misalnya, paket ke Jepang 4 hari 3 malam dengan menginap di hotel bintang 4 hanya Rp 1,2 juta (tidak termasuk tiket pesawat). Kemudian masih ada gimmick lain seperti diskon family hingga Rp 20 juta untuk paket premium (liburan dengan perjalanan jauh), juga reguler cash back Rp 2 juta per orang.

Paket liburan keluarga memang banyak ditawarkan oleh agen travel ini.

"Kalau family pasti pilih liburan sekolah, libur lebaran, atau akhir tahun. Biasanya dalam paket liburannya ada tujuan ke theme park. Untuk paket Panorama Kids, anak-anak di bawah 12 tahun yang ikut rombongan ada backpack khusus, buku gambar, atau permainan-permainan. Intinya membuat anak-anak sibuk selama perjalanan supaya enggak bosan," tambah 

Online travel fair

Untuk Ayah atau Ibu yang tak sempat mengunjungi pameran travel, masih ada harapan mendapatkan tiket pesawat atau paket wisata murah dengan mengakses online travel fair. Garuda Online Travel Fair (GOTF) 2017 yang digelar pada 30 Maret - 5 April lalu itu memberikan diskon Rp 500 ribu sampai Rp 4 juta ke destinasi (rute Garuda Indonesia) manapun pada jam-jam tertentu. 

Jam-jam yang dimaksud adalah Regular Time (mulai pukul 09.00), Happy Hour  (09.00 - 10.00), dan Midnight Sale (pukul 00.00) pada Sabtu dan Minggu.