Perlu Dicoba, Ini Cara Mengecilkan Perut Buncit Berdasarkan Bentuk Perut!

By Gisela Niken, Senin, 1 Mei 2017 | 22:44 WIB
Mengecilkan perut buncit bisa dilihat berdasarkan bentuknya (Gisela Niken)

Nakita.id – Perut buncit menjadi masalah yang dialami banyak orang. Tetapi tahukah Ibu bahwa penyebab perut buncit tak hanya dari lemak berlebih. Ibu perlu mencari tahu penyebab dan cara mengecilkan perut buncit berdasarkan bentuk perutnya. Dengan begitu, Ibu bisa memilih cara yang benar-benar tepat untuk mengatasi perut buncit.

1. Ada lemak di sisi kanan dan kiri

Jika perut memiliki tumpukan lemak di bagian kanan dan kiri (di bagian pinggang) artinya energi dari makanan yang dikonsumsi tidak dipakai untuk bergerak sehingga disimpan sebagai cadangan lemak. Energi berlebih umumnya didapat dari kebiasaan mengonsumsi makanan yang tinggi gula dan karbohidrat seperti nasi dan olahan tepung. Untuk mengatasinya, Ibu hanya perlu mengonsumsi makanan rendah kalori. Beberapa kali dalam seminggu selingi nasi putih dan makanan dari tepung dengan sumber karbohidrat lain yang rendah kalori. Pilih sumber protein yang rendah lemak, seperti ayam, ikan, putih telur, tempe, kacang panggang, dan daging merah tanpa lemak. Perbanyak makan sayuran segar, buah-buahan,  biji-bijian panggang, dan minum air putih untuk mengendalikan rasa lapar. Ibu juga tak perlu olahraga berlebihan, cukup jalan kaki di pagi hari dan sit up di rumah sudah cukup.

Baca juga: Daftar Makanan Penyebab Perut Buncit 

2. Buncit di tengah (daerah pusar) dan cenderung padat, tidak kendur

Stres menjadi penyebab perut buncit di area tengah ditambah jadwal makan yang tidak teratur dan gemar mengonsumsi camilan asin dan minuman manis. Ibu perlu memperbanyak waktu bersantai bersama pasangan atau teman untuk mengurangi stres. Kalau perlu, titipkan anak pada orang yang bisa dipercaya agar Ibu bisa bersantai sehari dua hari. Hal ini akan meningkatkan produksi leptin, hormon yang memengaruhi gejolak nafsu makan dan metabolisme. Relaks sebelum tidur juga baik untuk memberikan kualitas tidur. Perbanyak asupan magnesium dalam makanan seperti dalam sayuran hijau dan kacang-kacangan untuk memperbaiki sistem pencernaan.

Baca juga: Ternyata, Ini Penyebab Perut Buncit yang Tak Disadari

3. Perut rata tetapi bagian bawah buncit

Berat badan sih normal-normal saja, tetapi masih ada bagian yang membuncit di perut bawah. Kondisi ini biasanya dialami oleh Ibu pascamelahirkan. Selain itu, pola makan yang kurang tepat dan postur tubuh yang tidak tegak bisa menyebabkan perut buncit jenis ini. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang banyak serat dan minum lebih banyak air. Pilih makanan yang mudah dicerna seperti sayuran hijau segar dan protein rendah kolesterol seperi ikan dan ayam.

Baca juga: Awas, Gemar Makanan Gurih Bikin Perut Buncit! 

4. Perut buncit hanya di sore atau malam hari (perut terasa penuh)

Mungkin ada Ibu yang merasakan kadang celana yang digunakan pas tetapi kemudian di sore atau malam hari jadi terasa penuh. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh gas dan kortoran dalam perut yang disisakan oleh sistem pencernaan yang kurang lancar. Untuk menghilangkan perut buncit seperti ini, perbanyak makan makanan berserat. Pilih makanan tinggi serat yang segar seperti sayuran dan buah-buahan. Kurangi makanan dari tepung dan gula seperti kue kering.  Ibu juga tak boleh melewatkan sarapan karena sistem pencernaan yang berhubungan dengan proses pembuangan sisa-sisa makanan aktif bekerja di pagi hari. Kunyah makanan dengan sempurna dan jangan lupa mengonsumsi banyak air.