Pekan Imunisasi Dunia 2017: 7 Fakta Tentang Pentingnya Imunisasi

By Avrizella Quenda, Rabu, 3 Mei 2017 | 06:30 WIB
Penelitian : Pentingnya Memberikan Vaksinasi pada Anak (Avrizella Quenda)

Nakita.id - Minggu terakhir April, 24-30 April 2017, diperingati sebagai Pekan Imunisasi Dunia. Tujuan utama peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya imunisasi.

Imunisasi berguna untuk mencegah kematian dan melindungi kehidupan generasi-generasi masa depan. Orang-orang di seluruh dunia perlu diberikan edukasi secara merata tentang pentingnya mendapatkan vaksinasi. Itulah tujuan utama di balik perayaan pekan imunisasi ini.

(Baca juga : Imunisasi Bayi Terlambat. Lakukan ini)

Anak-anak yang tidak menerima vaksinasi tepat waktu cenderung rentan terhadap banyaknya risiko kesehatan. Faktanya, imunisasi di seluruh dunia telah mengurangi 99% kasus polio. Berikut adalah beberapa fakta lagi.

Fakta #1

Pada tahun 2015, hampir 116 juta anak-anak dari seluruh belahan dunia diberi vaksin difteri-tetanus-pertusis. Fungsi dari vaksin ini ialah untuk mencegah penyakit dan kecacatan pada anak-anak sejak dini.

Fakta #2

Antara 2010 dan 2015, hampir 10 juta kasus kematian dikatakan mampu dicegah karena banyaknya tindakan imunisasi melalui vaksin.

(Baca juga : Bisakah Imunisasi Diberikan Saat Bayi Sakit)

Fakta #3

Vaksin adalah solusi yang paling terjangkau ketika harus mencegah bahaya kesehatan tertentu. Pemberian vaksin bahkan dapat mencegah kematian yang disebabkan penyakit seperti polio, campak, batuk rejan, diare dan pneumonia.

Fakta #4