Alasan Mengerikan Harus Membuang Makanan yang Dihinggapi Lalat

By Megiza, Senin, 15 Mei 2017 | 09:39 WIB
Gemar Makanan Gurih Bikin Perut Buncit (Dini)

Nakita,id - Ternyata ada alasan bagus mengapa orang selalu berusaha mengusir lalat sebelum mereka mendarat ke atas makanan. Meskipun bagi banyak orang, lalat cuma makhluk menjengkelkan, ternyata perilaku lalat sebenarnya jauh lebih mengerikan. Lalat membawa banyak kuman yang bisa menyebabkan ancaman serius bagi kesehatan Anda. Bukan cuma itu, lalat juga hampir selalu muntah di makanan Anda ketika ia berhasil hinggap. 

Rata-rata lalat membawa lebih dari 200 jenis bakteria berbahaya, karena mereka cenderung hinggap di sampah yang menjijikkan, seperti makanan busuk. Fakta ini diungkap seorang pakar serangga.

Peneliti serangga yang juga direktur pelayanan teknis pengendalian seranggan di perusahaan Orkin, Ron Harrison, mengatakan bahwa bahaya lalat tak hanya dari makanan yang dimuntahkannya, namun juga ribuan rambut kecil di tangan dan kaki lalat yang menjadi pembawa kuman berbahaya ke makanan yang akan dihinggapinya.

"Lalat hanya butuh menyentuh makanan Anda selama satu detik untuk dapat mentransfer kuman dari kotoran yang mereka makan ke makanan yang bakal Anda makan," kata Harrison. 

Dia menambahkan, mengingat lalat dapat memindahkan wabah menular berbahaya seperti kolera, desentri dan penyakit tipus, alangkah baiknya langsung membuang makanan yang sudah dihinggapi lalat.

Harrison menegaskan bahwa seekor lalat tak hanya memindahkan kuman dari tangan dan kakinya, namun juga mengeluarkan muntahan karena ketidakmampuannya untuk mengunyah makanan. 

Tidak hanya itu, banyak penelitian juga sudah memastikan bahwa lalat melepaskan isi usus mereka ketika mendarat di atas makanan. 

Kalau sudah begitu, tentu tak perlu ragu lagi membuang makanan saat Ibu melihat dia baru saja hinggap di atas meja.