Faktor Penting yang Dapat Jauhkan Anak dari Obesitas

By Megiza, Senin, 15 Mei 2017 | 10:29 WIB
Ciri-ciri Bayi Obesitas yang Tidak Sehat Lagi (Dini)

Nakita.id - Saat berbicara soal obesitas, yang ada di benak sebagian besar orang tua adalah asupan makanan dengan lemak berlebih. Cara sederhana untuk menghindarkan anak dari obesitas adalah dengant iak memberi makanan penuh lemak. Namun ternyata, ada cara lain yang jauh lebih sederhana, yaitu menidurkan anak pada jam yang sama setiap malamnya.

Sebuah riset di Amerika yang dipimpin peneliti Sarah Anderson, menemukan selain membiasakan anak tidur di jam yang sama, memberikan tontonan tivi kurang dari satu jam pada malam hari, dan mengonsumsi camilan biasa, menjadi beberapa cara untuk mencegah obesitas. 

Dalam penelitian yang dilakukan terhadap 11 ribu anak Inggris tersebut, ditemukan bahwa cara-cara sederhana itu dapat memberi dampak tak hanya pembentukan emosi anak yang baik, namun juga keharmonisan keluarga yang juga baik.

"Kami menemukan bahwa rutinitas-rutinitas seperti itu, jika dilakukan kepada anak usia prasekolah dapat berdampak pada perkembangan kesehatan mereka. Artinya, anak dengan aturan aktivitas sederhana ini dapat mengurangi risiko obesitas di masa remaja mereka kelak," ujar Anderson. 

Tak sampai di situ, dia juga mengatakan, bahwa anak-anak yang susah diatur emosinya pada usia tiga tahun, rentan mengalami obesitas pada usia 11 tahun. 

"Riset ini membuat kita menyadari bagaimana rutinitas tidur, makan dan menonton tivi anak-anak, dapat memengaruhi perkembangan emosi dan sikap mereka. Tidur adalah hal yang sangat penting, terutama untuk anak-anak," katanya.