Seberapa Penting Perkembangan Otak Bayi Selama 1 Tahun Pertama Kehidupan

By Avrizella Quenda, Jumat, 5 Mei 2017 | 05:26 WIB
Umur panjang ternyata menjadi salah satu manfaat punya anak (Gisela Niken)

Nakita.id - Selama tahun pertama kehidupan bayi, banyak perubahan terjadi dengan begitu cepat. Tonggak-tonggak penting, seperti kata-kata pertama dan langkah pertama terjadi pada masa-masa ini. Di sini, peran orang tua sangat dibutuhkan agar anak bisa tumbuh dan berkembang dengan rasa cinta dan dukungan.

Ukuran otak bayi yang baru lahir bertambah dua kali lipat selama tahun pertama kehidupannya. Pada saat anak berusia 3 tahun, besar otaknya berkembang hingga sekitar 80 persen volume otak orang dewasa. Diperkirakan ada lonjakan pertumbuhan di tahun pertama perkembangan otak, khususnya di otak kecil, karena kemampuan motorik bayi cepat berkembang. Cerebellum bertanggung jawab untuk melakukan tugas sehari-hari secara sukarela dan menjaga keseimbangan dan koordinasi tubuh.

(Baca juga : Ternyata, Ini Rahasia Membuat Bayi Cerdas)

Selain itu, hippocampus otak juga mengalami pertumbuhan yang signifikan. Hippocampus bertanggung jawab untuk ingatan jangka panjang dan pengenalan orang, seperti ibu dan ayah. Satu studi menemukan bahwa anak-anak yang diasuh orang tua di awal kehidupan memiliki sekitar 10 persen hippocampus yang lebih besar daripada anak-anak yang kurang diasuh ibunya.

"Studi ini memvalidasi sesuatu yang nampaknya intuitif, betapa pentingnya pengasuhan orangtua untuk menciptakan manusia adaptif," kata penulis utama Joan L. Luby, dalam sebuah rilis berita.

(Baca juga : Perkembangan Otak Bayi Perempuan Lebih Cepat)

Selain pengasuhan orang tua, bahasa memainkan peran penting dalam pembangunan. Sirkuit bahasa di lobus frontal dan temporal otak dipengaruhi oleh kata-kata yang didengar bayi. Biasanya kata-kata yang sering dikeluarkan Ibu ketika sedang mengasuhnya menjadi kata-kata yang paling ditangkap, apalagi jika sering diulang-ulang. Sebagian besar bayi akan mengatakan beberapa kata pada akhir di usianya yang kedua belas bulan.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang perubahan tubuh dan otak selama momen pertama kehidupan bayi, lihat video Life Noggin di bawah sini.

Sumber : http://www.medicaldaily.com/how-important-first-year-life-how-infants-brain-develops-during-time-416184