Bayi Usia di Bawah 1 Tahun Sebaiknya Jangan Diberi Es Krim. Ini Alasannya

By Avrizella Quenda, Sabtu, 6 Mei 2017 | 07:51 WIB
Bahaya memberi es krim pada bayi di bawah 1 tahun (Avrizella Quenda)

Nakita.id - Menginjak usia enam bulan, bayi sudah mulai diperkenalkan dengan berbagai makanan padat pengganti ASI. Ini biasanya bertepatan saat bayi mulai tumbuh gigi pertamanya. Beralih ke makanan baru akan memberinya seluruh vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangannya yang sehat.

Ibu mungkin tidak bisa mengendalikan dorongan untuk memperkenalkan bayi Ibu pada segala rasa, terutama makanan yang paling Anda sukai. Dan jika Anda seorang penggemar berat es krim, Anda pasti tergoda untuk memperkenalkan surga rasa ini pada buah hati. Eits, sabar Bu. Si kecil mungkin mirip soal selera dengan Ibu, tapi sistem organnya belum siap. 

Apakah Aman Memberikan Bayi Es Krim Sesekali?

Tidak dianjurkan untuk memperkenalkan bayi pada es krim sebelum ulang tahunnya yang pertama. Tapi Ibu tidak perlu cemas jika si kecil menjilat dari corong es krim abangnya. Namun, sebaiknya peringatkan si abang agar jangan memberi adiknya es krim meskipun sedikit. Karena begitu si kecil merasakan dan membaui desert ini, ia akan menuntut kapan pun orang dewasa menikmati es krim di dekatnya. Jangan pernah meremehkannya. 

Mengapa Es Krim Tidak Aman untuk Anak di Bawah Satu Tahun?

Ada beberapa alasan yang membuat es krim tidak aman bagi anak-anak yang belum merayakan ulang tahun pertamanya, di antaranya:

  1. Pemberian produk susu utuh untuk bayi di bawah 12 bulan tidak disarankan, karena seluruh produk susu tidak dapat sepenuhnya dicerna oleh bayi di bawah 12 bulan.
  2. Ginjal bayi yang belum matang tidak dapat menangani konsentrasi tinggi protein dan mineral yang ada dalam susu.
  3. Pada beberapa bayi, protein yang ada di dalam keseluruhan produk susu ditemukan mengiritasi lapisan sistem pencernaan yang menyebabkan darah pada tinja.

Apa Alternatif Es Krim Untuk Bayi Ibu?

Sebagai Ibu yang cerdas pasti selalu dapat menemukan alternatif yang sehat untuk sebagian besar makanan anak yang tidak sehat. Berikut makanan pengganti es krim: