Penting Memperhatikan Kadar pH pada Sabun Mandi Bayi

By Avrizella Quenda, Senin, 8 Mei 2017 | 05:57 WIB
Pentingnya dan Manfaat dari Kadar pH Pada Sabun Mandi Bayi (Avrizella Quenda)

Nakita.id - “Kulit lembut seperti bayi” adalah simile yang umum digunakan untuk memuji kulit indah. Namun, para ibu tahu bahwa tidak mudah mempertahankan kehalusan kulit bayi. Di tahun-tahun awal kehidupannya, bayi Ibu mungkin menghadapi banyak masalah kulit seperti kulit kering, ruam, jerawat bayi dan eksim bayi. Ada banyak faktor yang menyebabkan berbagai masalah ini, termasuk keturunan. Namun, satu penyebab paling umum dari masalah kulit pada bayi adalah ketidakseimbangan PH sabun mandi bayi. 

Apa itu pH?

pH adalah singkatan dari potential hydrogen atau hidrogen potensial yang menunjukkan seberapa asam atau basa suatu zat. pH yang lebih rendah menunjukkan bahwa zat tersebut bersifat asam dan pH yang lebih tinggi mengindikasikan bahwa zat tersebut bersifat basa. Skala pH berkisar antara 0-14, dengan asam rendah dan basa tinggi. Keseimbangan pH kulit bayi sekitar 5,5.

(Baca juga : Hindari Gunakan Sabun dan Losion untuk Tangani Jerawat pada Bayi)

Bagaimana Hubungan Antara Tingkat pH dan Kulit?

Sama seperti zat kimia lainnya, tubuh juga memiliki kadar pH. Air memiliki pH 7 yang sifatnya netral. Karena cairan internal dalam tubuh kebanyakan terdiri dari air, kebanyakan orang memiliki pH 7 atau yang tidak jauh berbeda. Secara teknis, bukan kulit yang memiliki pH, tapi keringat dan kelenjar sebaceous pada kulit yang memberi sifat asam. Penting untuk menjaga tingkat pH kulit agar terhindar dari berbagai masalah kulit.

Karakteristik Khusus Kulit Bayi

Kulit bayi berbeda dari orang dewasa dan harus ada perawatan khusus untuk menghindari masalah kulit. Kulit bayi lebih tipis, lebih rentan terhadap kekeringan dan sangat sensitif. Beberapa karakteristik khusus kulit bayi adalah:

(Baca juga : Trik Mengatasi Jerawat Pada Bayi)

Berapakah Tingkat pH Kulit Bayi?

Kadar pH kulit bayi yang ideal adalah 5,5. Karena kadarnya lebih rendah dari pH air (7), kulit bersifat asam. Kulit asam lebih siap untuk melawan penyebaran bakteri atau jamur dan penting untuk mempertahankan kadar pH 5,5 ini. Kulit yang lebih tipis akan lebih rentan terhadap iritasi, ruam dan eksim.

Bagaimana Pengaruh Tingkat pH Sabun Bayi di Kulit Bayi?