Tip Mencegah Infeksi Virus pada Anak

By Avrizella Quenda, Senin, 8 Mei 2017 | 09:16 WIB
Tip Mencegah Infeksi Virus Pada Anak (Avrizella Quenda)

Nakita.id - Setiap orang dari segala kelompok usia mudah kena infeksi virus. Namun, anak-anak cenderung lebih mudah terinfeksi. Oleh karena itu, lebih baik mengetahui cara-cara berbeda untuk mencegah infeksi virus pada anak. 

Begitu virus masuk ke dalam tubuh, sistem kekebalan tubuh Anda mengembangkan mekanisme alamiah untuk menghancurkan virus tersebut. Namun pada anak-anak, ketika sistem kekebalan masih dalam tahapan berkembang, mereka tidak akan sekuat orang dewasa. Inilah mengapa infeksi virus pada anak-anak lebih umum dan lebih sering. 

(Baca juga : Duh, Ibu Hamil ini Terinfeksi Virus Zika)

5 Penyakit Paling Umum Pada Anak

Cacar air, campak, gondong, pneumonia, HIV, dan polio adalah beberapa infeksi virus yang kerap menyerang anak-anak.Selesma disertai tenggorokan sakit, demam, muntah-muntah dan diare adalah gejala umum dari infeksi virus pada anak-anak, yang bergantung jenis infeksinya. 

Biasanya, anak-anak mendapat infeksi virus melalui kontak dengan cairan atau sekresi yang terinfeksi, yang ditemukan pada mainan, gagang pintu, telepon, atau meja. Ketika anak-anak menyentuh benda yang terinfeksi dan jika ia menggosok hidung atau mata, peluang ia mendapat infeksi virus menjadi lebih besar. Infeksi virus juga menyebar melalui udara, air, makanan, serangga atau gigitan binatang. 

Yuk, kita diskusikan cara-cara pencegahannya. 

Mencuci tangan

Mencuci tangan selama 20 detik dengan atau tanpa sabun antibakteri adalah salah satu cara terpenting untuk mencegah infeksi virus pada anak-anak. Ini akan mencegah kuman menyebar. Pastikan anak-anak mencuci tangan dengan benar sebelum dan sesudah makan dan juga setelah menggunakan toilet.

(Baca juga : Ribuan Bayi yang Memiliki Otak Kecil Diduga Terinfeksi Virus Zika)

Praktik kebersihan popok yang tepat

Selalu berhati-hati dan waspada saat mengganti popok anak. Meja ganti bertindak sebagai tempat kuman berpindah ke anak-anak. Selalu letakkan selimut atau lembaran plastik di atas meja ganti sebelum menggunakannya untuk mencegah infeksi virus pada anak-anak.