Agar Kulit Wajah Terlihat 10 Tahun Lebih Muda, Atasi Masalahnya

By Gisela Niken, Selasa, 9 Mei 2017 | 06:46 WIB
Mengatasi masalah kulit bisa dilakukan untuk mencegah penuaan dini (Gisela Niken)

Nakita.id – Wajah tidak mulus memang menambah kesan lebih tua. Padahal, yang namanya kulit ada saja masalahnya yang membuat penampilan wajah terlihat lebih tua. Untuk itu, jika Ibu inginkan penampilan yang sesuai usia, bahkan 10 tahun lebih muda, ikuti cara-cara mengatasi masalah umum pada kulit agar demi mencegah kulit wajah rusak dan mengalami penuaan dini.

Baca juga: Cara Memutihkan Wajah Secara Alami, Murah dan Cepat

1. Kulit wajah belang dan menghitam akibat paparan sinar matahari

Masalah paparan sinar matahari menjadi masalah umum tinggal di negara tropis. Mau tidak mau, Ibu akan banyak terkena sinar matahari apalagi yang gemar beraktivitas di luar ruangan. Menurut David Bank, MD, direktur The Center for Dermatology, Cosmetic & Laser Surgery di New York, pemakaian krim wajah yang mengandung licorice, retinol dan asam kojic menjadi solusi tepat untuk hal ini. Sedangkan dari bahan-bahan yang biasanya tersedia di rumah, pilihlah buah lemon, pepaya, ataupun tomat untuk masker wajah. “Bahan alami yang bisa digunakan adalah bahan-bahan yang mengandung vitamin C karena dapat merangsang kolagen. Vitamin C juga merangsang pergantian sel kulit lebih cepat,” ujarnya. 

2. Jerawat

Produksi hormon menjadi salah satu penyebab masalah pada kulit. Namun, Ibu perlu mengetahui faktor-faktor lain yang jadi penyebab jerawat. Menurut dr. Monica Carezani-Gavin, direktur medis dari Azani Medical SPA di Pennsylvania, udara atau lingkungan yang tidak bersih, stres hingga pola makan buruk dapat menyebabkan timbulnya jerawat dan semakin memperparahnya.  Ibu bisa menggunakan bahan alami seperti lidah buaya atau tomat sebagai masker untuk meredakan radang jerawat dan mengurangi produksi minyak. Sebuah penelitian di Inggris pada 2008 mengungkapkan konsumsi tomat dalam kurun 12 minggu dapat membantu melindungi wajah hingga 33% karena tomat mengandung banyak zat antioksidan.

Baca juga: Begini Cara Jadikan Kulit Wajah Ibu Sehalus Bayi

3. Kulit berminyak

Salah satu rahasia untuk mengatasi kulit berminyak adalah memilih pembersih yang tepat. Ledya Elizabeth Bowes, MD, direktur dari Bowes Dermatology di Miami mengungkapkan Ibu perlu memilih pembersih wajah yang pas. “Usahakan pilih pembersih alami dengan bahan yang lembut bagi kulit. Bahan pembersih yang keras akan menghilangkan minyak yang dibutuhkan oleh kulit,” ujarnya. Jika kulit wajah kering, kerutan di wajah malah akan semakin cepat terbentuk. Menurutnya, cara sederhana yang bisa dilakukan adalah memastikan tubuh terhidrasi sepanjang hari. Hindari pembersih wajah yang mengandung alkohol dan sabun yang membuat kulit kering.

Baca juga: Kulit Muka Kembali "Cling" Setelah Melahirkan Berkat Masker Kefir 

4. Kerutan halus

Keriput mungkin belum terlihat di usia sekarang. Namun, Ibu perlu mewaspadai keriput atau kerutan halus yang tidak nampak oleh mata. Misalnya, kerutan halus yang dipicu kebiasaan merokok atau stres. Ibu bisa mencegahnya dengan rutin memijat lembut area wajah khususnya di bagian leher, bawah mata dan dahi. Menggunakan masker putih telur dan buah-buahan juga bisa Ibu lakukan sebelum mandi pagi. Vitamin B dan E di dalamnya akan bekerja meremajakan kulit.