Kasus Langka! Kepala Kembar Parasit Tumbuh dari Perut

By Avrizella Quenda, Senin, 8 Mei 2017 | 10:18 WIB
Mengejutkan! Bayi Ini Lahir dengan 2 Kepala, 1 Kepala Tumbuh dari Perut (Avrizella Quenda)

Nakita.id - Seorang bayi yang terlahir dengan dua kepala diharapkan mampu bertahan hidup setelah para dokter menghilangkan kembar parasitnya yang “memakan” persediaan darahnya. Bayi perempuan, yang belum diberi nama, lahir lewat operasi cesar di Rumah Sakit Ram Snehi India Utara bulan lalu. 

Para dokter terkejut saat menemukan bayi yang baru lahir itu memiliki kepala ekstra lengkap dengan kedua mata, telinga dan hidung serta bibir, muncul dari perutnya. 

(Baca juga : Bayi Usia 10 Bulan Ini Terlahir dengan "Kembar Parasit", Memiliki 4 Kaki dan 2 Tulang Belakang)

Kembar parasit ini juga memiliki sebuah tangan yang salah bentuk bergantung di dada bayi mungil itu. 

Para dokter merujuknya untuk operasi ke Rumah sakit JK Lone Hospital di Jaipur, sekitar 540 kilometer. Sebuah tim ahli bedah mengangkat kepala dalam operasi yang berlangsung selama empat jam. "Ini adalah salah satu kasus kembar parasit yang paling langka. Ini kasus rumit karena si kembar berbagi pembuluh darah," kata Dr Pravin Mathur, kepala operasi anak di rumah sakit.

"Mereka bergabung dari dada dan berbagi pembuluh darah umum untuk suplai darah dari hati dan hati." Orang tua, yang bekerja di sebuah peternakan, dikabarkan akan mendapatkan bayi kembar saat melakukan pemeriksaan ultrasound rutin. Tapi dokter tidak menyadari salah satu si kembar itu adalah parasit.

(Baca juga : Proporsi Fisik Bayi)

Meski mirip dengan kembar siam, kembar parasit tidak terbentuk sempurna dan tidak pernah menjadi janin yang tepat. Pasangan muda, yang tidak ingin diidentifikasi namanya ini tidak yakin jika bayi perempuannya akan bertahan cukup lama bila kembarannya terlepas.

"Orang tua mengatakan kepada kami bahwa ibu tersebut telah menjalani sonografi dan tes lainnya namun tidak diberitahu tentang kembar parasit," kata Dr. Mathur. Diceritakan bahwa hati kedua orang tuanya hancur ketika melihat buah hatinya. Dokter pun harus meyakinkan mereka untuk melakukan tindakan operasi untuk menyelamatkan nyawa anaknya. Bayi itu memiliki peluang untuk menderita septikemia.

(Baca juga : 6 Hal Unik yang Normal Dilakukan Bayi)

"Kami segera melakukan CT Scan, tes darah, sinar-X dan mengoperasi anak tersebut." Rumah sakit tersebut dilaporkan tidak menerima biaya apapun dari keluarga pasien dan bayi tersebut segera pulih dengan cepat. Kembar parasit dapat terjadi ketika embrio kembar mulai berkembang di rahim tapi tidak terbelah dengan benar.