Dukung Bunda dan Ayah Katakan "IYA BOLEH" untuk Eksplorasi si Kecil

By Irfan Hasuki, Senin, 15 Mei 2017 | 23:28 WIB
Berikan anak kebebasan bereksplorasi demi mengoptimalkan pertumbuhannya (Irfan Hasuki)

Nakita.id - Ketika si Kecil minta izin untuk mandi hujan, apa yang akan kita katakan padanya? "Iya boleh" adalah jawaban yang ingin didengar olehnya. Kita tahu, anak mengasah berbagai kemampuan dan keterampilan hidup melalui kegiatan bereksplorasi sambil bermain. Dengan begitu, ia juga merasakan secara langsung pengalaman serunya. Sayangnya, jawaban "iya boleh" sering kali dikalahkan oleh rasa khawatir bahwa anak bisa jatuh sakit.

Psikolog Ratih Ibrahim pun setuju kita boleh memberi izin anak bermain hujan-hujanan, sebab saat bermain hujan ia akan merasakan pengalaman baru yang seru, sensasi yang berbeda, eksplorasi, juga hiburan yang mengasyikkan. Jadi banyak sekali manfaatnya. “Asal, setelah mandi hujan kita sudah siapkan handuk, mandi air hangat, ganti baju, dan siapkan makanan hangat,” ujar Ratih dalam talkshow pembukaan Nestlé DANCOW Explore Your World, beberapa waktu lalu di Jakarta (29/04). Ratih pun mengingatkan para Bunda dan Ayah untuk tidak sedikit-sedikit melarang kegiatan si Kecil dengan berkata "jangan", "tidak", "no", atau lainnya. Sebaliknya berikan anak kebebasan bereksplorasi dengan mengatakan “Iya boleh.”

Menurut Ratih, memberikan kebebasan kepada anak untuk bereksplorasi dan bermain adalah bentuk cinta kasih kita kepada mereka. “Sebab hal ini dapat mendorong anak untuk berani dan mandiri sehingga semakin terbuka kesempatan untuk mereka belajar hal-hal baru dan mengembangkan dirinya."

Tak hanya memberikan kebebasan bereksplorasi, kita pun harus memastikan bahwa kesehatan anak tetap terjamin, sehingga kita tidak takut mereka sakit. Sehabis main hujan misalnya, kepalanya pusing, demam, batuk, pilek, atau lainnya. Salah satu yang dapat menentukan kesehatan adalah terjaganya kesehatan saluran pencernaan. Untuk itu, menurut dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A(K), saluran cerna anak harus dihuni oleh lebih banyak bakteri baik sehingga kesehatannya terjaga. Caranya, berikan asupan bergizi yang mendukung dan mengandung bakteri baik kepada si Kecil.

Lactobacillus rhamnosus adalah bakteri baik yang dapat membantu menjaga saluran pernapasan dan saluran cerna si Kecil,” papar dr. Bernie di acara yang sama. “Ini sangat penting karena tubuh yang terlindungi dapat menjadi fondasi fundamental untuk mendukung proses belajar dan pertumbuhan fisik si Kecil, yang tentunya sangat penting dalam tahap tumbuh kembangnya.”

Lactobacillus rhamnosus terkandung di dalam varian terbaru Nestlé DANCOW yakni Nestlé DANCOW Advanced Excelnutri+. Mengenai produk dengan kandungan Lactobacillus rhamnosus tiga kali lipat lebih tinggi daripada sebelumnya ini, Riza Nopalas, Senior Brand Manager DANCOW Advanced Excelnutri+ Nestlé Indonesia mengatakan, “Kami berharap inovasi ini dapat membantu si Kecil mencapai tumbuh kembang yang optimal."   

Nestlé DANCOW Explore Your World merupakan wahana edukasi untuk mendorong kepercayaan diri orangtua dalam mendukung si Kecil bereksplorasi yang berlangsung pada 29-30 April 2017 lalu di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan. Tagline yang diusung adalah ‘IYA BOLEH’ sebagai simbol kepercayaan diri orang tua untuk melepas si Kecil membuka potensi maksimalnya. Ada empat area utama yang disediakan bagi anak-anak yang berkunjung, yaitu Art Center dengan aktivitas hand painting dan storytelling, Central Park yang dilengkapi dengan teknologi augmented reality, Smart City untuk si Kecil yang ingin membangun kota DANCOW versinya sendiri, dan Play Park dengan aktivitas wall climbing dan monkey bar untuk si Kecil mengasah kemampuan fisiknya.