Mengatasi Rambut Rontok di Masa Hamil

By Nur Ayu Kartikasari, Jumat, 12 Mei 2017 | 06:00 WIB
Pada saat hamil, setidaknya rambut kita akan mengalami kerontokan sebanyak 40-120 helai setiap harinya, tetapi hal ini wajar dan normal. (Santi Hartono)

nakita.id.- Rambut rontok di masa hamil memang bikin cemas tapi sejatinya hal ini wajar dan normal. Pada saat tidak hamil pun, setidaknya rambut kita akan mengalami kerontokan sebanyak 40-120 helai setiap harinya, sedangkan jumlah rambut kita dapat mencapai 100 ribu helai per bulan untuk pertumbuhannya.

Untuk diketahui, pertumbuhan rambut dibagi dalam 3 fase yakni fase pertumbuhan, fase istirahat, dan fase kerontokan. Setelah fase kerontokan,  rambut akan kembali tumbuh karena rambut rontok hanya sampai pada umbi, sedangkan papil atau bibit rambut di bawahnya sudah menyiapkan rambut baru sebagai penggantinya. Meski begitu, rambut rontok juga dapat disebabkan berbagai faktor, di antaranya karena polusi, kurang nutrisi, paparan sinar matahari, faktor hormon, stres, pemakaian bahan kimia, dan masih banyak lagi.

Apabila mengalami kerontokan ada baiknya tetap diwaspadai dan cobalah mencari penyebabnya. Karena rambut rontok juga dapat menjadi sebuah tanda adanya penyakit tertentu pada tubuh.

Banyak orang memilih menggunakan bahan alami untuk mengatasi kerontokan rambut bahkan yang terparah sekalipun walaupun saat ini sudah banyak sekali produk perawatan rambut yang diklaim dapat mengatasi rambut rontok. Ternyata menggunakan bahan alami hasilnya cukup efektif dan tentunya tidak memberikan efek samping pada kesehatan ibu dan janin.  Berikut beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok;

Lidah buaya. Kandungan lidah buaya ternyata tak hanya mampu membuat rambut menjadi lebih sehat, tetapi juga lebih kuat dan mampu merangsang pertumbuhan rambut pada kulit kepala. Sebelum menerapkan cara ini basahi dulu rambut dan tunggu sampai setengah kering. Setelah itu usapkan lendir yang terdapat pada bagian daging lidah buaya pada rambut dan kulit kepala. Biarkan 15 hingga 20 menit. Lakukan hal ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Kemiri. Kandungan minyak kemiri mampu membuat rambut menjadi lebih hitam dan sehat. Akar rambut juga menjadi lebih kuat, dan mampu merangsang rambut untuk tumbuh pada bagian kulit kepala. Cara menggunakannya, sangrai  kemiri setelah itu tumbuk sampai halus dan mengeluarkan minyak. Selanjutnya usapkan minyak kemiri tersebut pada rambut. Langkah terakhir yakni keramas dengan sampo agar rambut bersih.

Alpukat. Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan buah alpukat. Gunakan buah alpukat sebagai masker rambut, karena kandungan protein yang terdapat pada buah yang satu ini sangat efektif untuk menguatkan rambut dan mampu memberi nutrisi pada rambut. Buah ini juga mampu merangsang pertumbuhan rambut. Caranya cukup dengan menghaluskan buah alpukat kemudian balurkan pada rambut serta kulit kepala. Diamkan 20 menit lalu bilas dengan sampo agar bersih.

Yoghurt. Yogurt merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kerontokan rambut. Caranya sangat mudah, kita dapat mengoleskannya pada bagian kulit kepala dan biarkan 10 hingga 15 menit. Terapkan cara ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu hingga mendapatkan hasil yang anda inginkan.

Bawang putih. Caranya yakni haluskan bawang putih dan gunakan sebagai masker rambut. Setelah dibalurkan tunggu selama beberapa menit dan langkah terakhir yakni keramas menggunakan sampo agar rambut anda bersih.

Teh hijau. Cara yang satu ini cukup mudah, yakni buatlah teh panas seperti biasa dan tunggu sampai dingin. Setelah dingin basuhkan air teh tersebut ke seluruh rambut. Diamkan kurang lebih selama 1 jam dan bilas rambut  dengan sampo.

Dari beberapa cara mengatasi rambut rontok parah di atas silakan pilih salah satu dan terapkan secara rutin agar hasilnya lebih maksimal. Supaya terhindar dari kerontokan rambut baiknya kita memenuhi vitamin yang diperlukan oleh rambut dengan mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung vitamin A, vitamin B, dan vitamin E. (*)