5 Kebaikan yang Tumbuh pada Anak Jika Sering Main dengan Ayah

By Heni Wiradimaja, Rabu, 17 Mei 2017 | 02:30 WIB
Cara Merespons Bahasa Isyarat Anak Agar Cepat Bicara (Dini)

Nakita.id – Pengasuhan anak dalam praktiknya memang lebih banyak dilakukan seorang ibu, karena ibu dan anak telah lebih dulu membangun ikatan sejak masa kehamilan. Namun, penelitian membuktikan keterlibatan seorang ayah dalam pengasuhan anak ternyata sangatlah penting.

Keterlibatan ini bisa dibangun melalui kegiatan bermain bersama dan berinteraksi antara ayah dengan anak. Berikut 5 kebaikan yang akan didapatkan jika anak dekat dengan ayahnya. 

1. Gaya bicara yang sopan

Ketika anak menginjak usia 1 hingga 1,5 tahun, mereka umumnya sudah mampu meniru kata-kata yang di sekitarnya. Apalagi jika Ibu dan Ayah sering mengajaknya ngobrol, ia akan dengan mudah meniru kata-kata tersebut. Namun, si kecil akan belajar lebih banyak soal gestur serta nada bicara dengan Ayah karena sosok Ayah lebih ekspresif. “Pada anak laki-laki misalnya, mereka jadi belajar bagaimana caranya berbicara penuh respek dan sopan pada lawan jenis. Hal ini dilihat dari bagaimana Ayah memperlakukan Ibu,” ujar psikolog Irma Gustiana Andriani, M.Psi,Psi dalam tabloid Nakita Edisi 860.

2. Berani dan bertanggung jawab

Senang mengajak si kecil bermain membuat anak yang kerap bermain dengan Ayah punya keberanian dan tanggung jawab. Bermain dengan Ayah membuat ayah jadi berani karena saat bermain Ayah mendorong si kecil untuk melakukan banyak hal. Selain itu, sikap Ayah sehari-hari yang melakukan banyak tugas di rumah membuat anak jadi paham artinya tanggung jawab.

(Baca juga: Tiru Cara Ayah Mengasuh Bayi Mulai Sekarang)

3. Lebih disiplin

Meski Ibu dikenal lebih sering disiplin, ternyata Ayah lebih ampuh dalam hal disiplin. Drs. Kyle Pruett dalam bukunya Partnership Parenting mengungkapkan Ayah lebih tegas dalam hal menegakkan disiplin. “Ayah cenderung lebih rela dalam membiarkan anaknya dihukum misalnya sehingga disiplin jauh lebih ditegakkan oleh ayah,” ujarnya. Meskipun begitu, Kyle Pruett juga merekomendasikan agar para ayah tetap menjadi Ayah yang hangat ketika bermain agar mereka tak takut melihat figur ayah.

(Baca juga: Ibu Lebih Mudah Stres Saat Mengurus Anak Daripada Ayah Ini Alasan Yang Tak Terduga)

4. Jadi anak cerdas

Sebuah studi Father Involvement Research Alliance menunjukkan bahwa hubungan Ayah dan anak yang baik akan menyebabkan anak jadi lebih percaya diri dan didorong lebih bereksplorasi. Si kecil juga akan lebih pandai dalam memecahkan masalah dan memiliki IQ yang lebih tinggi. Ayah yang sering terlibat dalam pengasuhan anak akan lebih siap dalam menghadapi masa pra sekolah.