Cara Tepat Membersihkan Penis dan Bokong Bayi

By Saeful Imam, Selasa, 23 Mei 2017 | 06:00 WIB
Cara Tepat Membersihkan Penis dan Bokong Bayi (Saeful Imam)

Nakita.id - Mungkin di antara kita muncul pertanyaan, “Bagaimana cara membersihkan penis bayi?” Nah, menurut spesialis dokter anak dan neonatologist di International Pediatric Clinic, Dr Natalie Epton bahwa selama setiap penggantian popok, selalu bersihkan dengan benar dan secara menyeluruh hingga ke bagian-bagian lipatan tubuh si kecil.

Terutama untuk bayi laki-laki, ingat bahwa kulit khatan tidak seharusnya ditarik hingga masa-masa pubertas. Jadi, jangan coba untuk menariknya ke bawah agar bersih karena bisa menyebabkan kerusakan.

Mengapa penis bayi terlihat luka dan memerah?

Kulit penis yang luka dan tampak merah pada bayi bisa jadi akibat tergesek-gesek popok selama pergerakannya. Pastikan popok tidak direkatkan terlalu rapat, kata Dr Natalie mengingatkan. Sementara itu, gunakan krim untuk melindungi ujung penis dan jaga kebersihan area penis dan sekitarnya. Jika bengkak, atau kemerahan yang tidak kunjung hilang, itu mungkin pertanda ada beberapa infeksi, dan paling sering disebabkan oleh ragi. Dokter mungkin akan meresepkan krim anti jamur.

(Baca juga : Cara Tepat Merawat dan Membersihkan Area Genital Bayi Perempuan)

Bagaimana Ibu bisa mencegah ruam popok?

Bokong bayi sering mengalami kontak langsung dengan air kencing dan kotoran dalam popok. Kelembapan yang berlebihan, amonia dalam urin dan gesekan terhadap popok dapat memecah pelindung alami kulitnya, sehingga mengakibatkan ruam yang tampak parah.

Untuk mencegah anak tampak gelisah, gunakan popok dengan daya serap yang baik dan cocok di kulit bayi. Jika direkatkan terlalu kencang maka akan menggosok kulit dan bisa menyebabkan iritasi.

Sering-seringlah Mengganti Popok Begitu Tahu Sudah Kotor

Hindari penggunaan sabun dan tisu basah yang beraroma wangi, apalagi jika kulit bayi sangat sensitif. Cukup gunakan kapas dan air untuk membersihkan bagian bokongnya dan keringkan dengan handuk.

(Baca juga : Langkah Membersihkan Kelamin Bayi)

Apa cara terbaik untuk mengobati daerah penis dan bokong yang meradang?