Mengharukan! Foto Seorang Ibu yang Menyusui Bayinya untuk Terakhir Kali Sebelum Melakukan Perawatan Kanker

By Saeful Imam, Rabu, 24 Mei 2017 | 04:00 WIB
Ashley tak kuat menahan air mata saat akan berpisah dengan bayinya (Saeful Imam)

Nakita.id - Kesedihan tengah dirasakan seorang ibu yang masih aktif dalam memberikan ASI untuk bayinya. Momen menyusui harus berhenti sampai di sini karena sang ibu harus menjalani perawatan kanker. Tidak ada air mata ibu yang sama menyakitkannya dengan Ashley Kostiuk. Ia memiliki teman dekat seorang fotografer bernama Jaclyn Briggs yang mendokumentasikan detik-detik akhir Ashley merawat bayinya.

"Bukan karena Ashley atau bayi laki-lakinya yang berusia 9 bulan sudah siap untuk selesai diberi ASI," kata Jaclyn kepada POPSUGAR. "Itu karena ia baru saja didiagnosis menderita kanker payudara dan tidak bisa menyia-nyiakan waktu sebelum memulai kemoterapi."

(Baca juga : Surat Perpisahan Mengharukan Seorang Ibu Sebelum Anaknya Diadopsi)

Ashley sebelumnya telah menemukan benjolan saat menyusui bayinya pada bulan Juni 2016. Namun, ia tetap melakukan yang terbaik untuk tidak fokus pada kesulitan yang akan ditimbulkan pada hasil diagnosis dokter. Jaclyn sangat prihatin dengan kondisi di mana Ashley tidak bisa hadir pada saat-saat pertumbuhan anak-anaknya yang masih kecil-kecil.

"Kanker berarti menghabiskan waktu berjauhan dari anak-anaknya. Kanker juga berarti menyapih anaknya sebelum waktunya," ungkap Jaclyn. "Jadi pagi hari sebelum memulai perawatan dan janji dokter, saya meraih kamera saya, kopi, dan cokelat panas kemudian menuju ke rumah Ashley.”

(Baca juga : Betapa Besarnya Perjuangan Seorang Ibu)

Suaminya sangat dekat untuk memberikan dukungan dan bermain dengan anak perempuan mereka yang masih berusia 3 tahun. Seperti yang sering dilakukannya, Ashley duduk menggendong bayinya di kursi, memeluknya erat dan menikmati saat-saat terakhir dalam keadaan normal.

"Ia mulai memberi makan anaknya dan saat ia mulai meraih wajah anaknya dan menarik diri untuk tersenyum padanya, air mata mulai bergulir," kata Jaclyn. "Sebagai ibu, ini adalah momen yang kita jalani. Inilah saat-saat ia harus mengucapkan selamat tinggal."

Bulan ini, Ashley menjalani kemoterapi dan menjalani mastektomi ganda, namun pemulihannya belum berakhir. Menurut sebuah halaman GoFundMe yang disiapkan untuk membantu keluarga tentang biaya rumah sakit, ia masih memiliki sejumlah operasi dan enam minggu radiasi di masa depan. Meskipun Jaclyn percaya bahwa foto-foto ini adalah simbol ketidakberdayaan seorang ibu, foto-foto ini juga merupakan pengingat bahwa kanker tidak membeda-bedakan.

(Baca juga : Mama Harus Bangga Menjadi Seorang Ibu yang Istimewa, Ini Alasannya)

"Saya harap ia bisa melihat gambar-gambar ini dan merasakan kebahagiaan yang ia berikan untuk anak-anaknya, tidak hanya memberi mereka makan, tapi juga untuk mendapatkan pertolongan medis yang ia butuhkan untuk bisa bersama anak-anaknya selama bertahun-tahun yang akan datang."