Menakjubkan! Gambar Ini Bisa Menunjukkan Perkembangan Otak Bayi

By Ida Rosdalina, Senin, 22 Mei 2017 | 09:30 WIB
Menakjubkan! Gambar Ini Bisa Menunjukkan Perkembangan Otak Bayi (Ida Rosdalina)

Nakita.id - Alat-alat kesehatan kini semakin canggih dan inovatif. Rumah sakit-rumah sakit sudah memanfaatkan teknologi canggih ini untuk mendukung segala pekerjaan tenaga ahli medis. Seperti cara melihat otak bayi yang sedang berkembang. Peneliti Inggris dari Developing Human Connectome Project telah merilis serangkaian gambar pemindaian MRI yang fenomenal karena mampu menunjukkan pertumbuhan otak bayi.

Proyek ini, yang juga sedang dilakukan pada orang dewasa bertujuan untuk memetakan setiap tahap pertumbuhan otak janin agar lebih memahami perkembangan otak manusia yang sehat, selain belajar lebih banyak tentang perubahan yang menyebabkan autisme dan cerebral palsy.

(Baca juga : Ini 7 Cara Membantu Perkembangan Otak Bayi)

Ini adalah yang disebut BBC sebagai “ibu dari seluruh diagram pengkabelan”, sebuah tugas yang sangat ambisius dan kompleks untuk memetakan bagaimana koneksi-koneksi dalam otak dibuat dan dalam urutan apa. 

Tim yang terdiri atas para peneliti dari King's College London, Imperial College London dan University of Oxford, berharap untuk mengumpulkan data dari bayi-bayi ketika mereka berkembang melalui kehidupan untuk memperoleh pandangan tentang apakah pola pertumbuhan berkontribusi pada faktor-faktor kehidupan tertentu kemudian. 

Pemindaian dilakukan pada 40 bayi yang tertidur di hari-hari setelah kelahiran. Profesor David Edwards mengatakan, "Ini sangat aman, tidak ada yang melibatkan radiasi atau sinar-X, namun kami sangat berterima kasih kepada keluarga yang telah mengambil bagian dalam karya ini, ini sangat berkontribusi pada sains."

(Baca juga : Perkembangan Otak Bayi yang Kita Wajib Tahu)

Dalam beberapa tahun mendatang, otak dari seribu lebih bayi yang baru lahir akan dicitrakan, selain 500 bayi yang akan dipindai saat berada di dalam janin. Yang terakhir ini sangat sulit untuk dipindai karena ada dua manusia bergerak yang dicuplik. Ratusan ribu citra yang diharapkan bisa diproduksi akan memberi data paling akurat tentang bagaimana jalur otak terbentuk dan kapan aktivitas otak awal dimulai. 

"Memiliki banyak data berarti kita bisa mempelajari apa yang normal dan abnormal dalam hal perkembangan otak. Kita bisa mulai menjawab pertanyaan penting, seperti apa yang terjadi pada otak saat bayi lahir prematur atau bagaimana otak berkembang secara berbeda pada anak autis," kata Profesor David.

(Baca juga : Seberapa Penting Perkembangan Otak Bayi Selama 1 Tahun Pertama Kehidupan)

Ini adalah proyek yang sangat besar! Otak bayi memiliki triliunan neuron, sinapsis dan jalur, dengan koneksi kompleks. Hasil akhirnya akan menggabungkan informasi dari sejumlah sumber termasuk pemindaian, perilaku dan genetika, untuk menciptakan gambaran rinci tentang perkembangan otak dan hasil kehidupan bayi.