Inilah yang Dapat Terjadi Bila Ibu Memakaikan Kaus Kaki Terlalu Ketat

By Saeful Imam, Selasa, 23 Mei 2017 | 04:00 WIB
Inilah yang Dapat Terjadi Bila Ibu Memakaikan Kaus Kaki Terlalu Ketat (Saeful Imam)

Nakita.id - Merawat kesehatan dan kebersihan bayi sangatlah penting, termasuk merawat kukunya dengan cara memotong kuku bayi yang dirasa mulai panjang. Ini disebabkan karena beberapa mikroorganisme yang menyebarkan penyakit dapat dengan mudah tinggal di antara kuku dan kulit di bawahnya. Sebagai seorang Ibu, sangat penting memerhatikan kondisi kuku jari kaki bayi terutama karena kuku kakinya yang lentur dan lembut dan bisa saja kuku kaki si kecil tumbuh ke dalam, yang dapat menyebabkan rasa sakit dan gangguan infeksi.

(Baca juga : Baiknya, Potong Kuku Bayi Sehabis Mandi)

Apakah Maksud Kuku Kaki Bayi Tumbuh ke Dalam?

Kuku tumbuh ke dalam, yang juga dikenal sebagai onychocryptosis atau bahasa yang dikenal dengan sebutan cantengan, dapat didefinisikan sebagai kuku yang tumbuh ke dalam kulit. Sisi atau ujung kuku kaki bisa menusuk ke kulit, sehingga nanti kulit di sekitarnya akan berubah menjadi merah, bengkak, keras, atau bahkan meradang akibat infeksi, menyebabkan rasa sakit dan iritasi pada bayi, terutama di ibu jari kaki.

Apa Penyebab Cantengan pada Bayi?

Beberapa penyebab umum cantengan pada bayi adalah:

(Baca juga : Memotong Kuku Bayi untuk Pertama Kali)

Apa gejala dari cantengan?

(Baca juga : Cara Aman Menggunting Kuku Bayi

Cara mengobati cantengan di rumah?

Ada pengobatan rumahan tertentu, yang dapat membantu meringankan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh cantengan. Selain itu, ada beberapa tindakan tertentu, yang membantu mengobatinya dengan sukses di rumah. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Merendam kaki: Rendam kaki bayi yang kukunya tumbuh ke dalam dengan air hangat dan bersabun selama sekitar 10 menit setidaknya tiga kali sehari. Ini akan menenangkan rasa sakit. Saat Ibu merendam kaki bayi dengan air hangat, cobalah pijat lembut bagian yang membengkak dan potong kuku yang tumbuh ke dalam. Cobalah memotong ujung kuku tajam yang melengkung ke arah kulit. Jika bayi menggeliat kesakitan, Ibu bisa mencoba menggunakan sedikit kapas steril di bawah kuku setelah mengangkatnya. Lebih baik dilakukan saat bayi tertidur.
  2. Oleskan salep antibiotik: Setelah direndam, oleskan krim antibiotik di bagian bengkak kuku kakinya.
  3. Jangan menekan ibu jari yang bermasalah: Jangan biarkan bayi memakai sepatu atau kaus kaki yang  dapat menekan jempol kaki kuku yang tumbuh ke dalam. Berikan anak sandal agar tidak menyentuh jari kaki. Biarkan anak berjalan tanpa alas kaki sebisa mungkin sampai jari kaki sembuh.
  4. Kompres dengan air hangat: Cara lain untuk mengurangi ketidaknyamanan adalah dengan menggunakan kompres basah dan hangat pada kuku yang terkena untuk menghilangkan rasa sakit.

(Baca juga : Porsi Makan Bayi yang Tepat Sesuai Usia)

Ibu harus membawa bayi ke dokter jika: