Ibu di Atas 35 Tahun Lebih Baik dalam Mengasuh Anak?

By Dini Felicitas, Minggu, 28 Mei 2017 | 23:00 WIB
Drew Barrymore menjadi ibu setelah belajar banyak dari kegagalan hubungannya dengan orangtuanya. (Dini Felicitas)

Nakita.id - Sebutan Mahmud alias Mamah Muda memang sedang tren beberapa waktu belakangan ini. Terlebih jika Ibu sudah memiliki anak di usia muda, mempunyai karier yang cemerlang, dan masih rutin merawat diri. Penampilan yang memikat saat berdandan jelas membuat para ibu yang tidak tergolong Mahmud jadi minder.

Tetapi, kehadiran para Mahmud sebaiknya tidak membuat Ibu yang berusia lebih dari 35 tahun merasa rendah diri. Sebab, menurut hasil studi tahun 2016 yang dipublikasikan oleh European Journal of Developmental Psychology, Ibu yang berusia lebih matang akan menjadi orangtua yang lebih baik.

Apalagi, beberapa tahun belakangan, usia rata-rata kehamilan terus bertambah. Tentu saja hal itu tidak perlu dianggap sebagai sesuatu yang buruk. Seperti yang tercatat dalam sebuah riset di Denmark tahun lalu, yang menemukan bahwa ibu yang berusia lebih matang membawa pengaruh besar untuk psikologis ibu dan anak.

Studi ini mengambil sampel 4.741 responden ibu beserta anak-anak mereka yang berusia 7, 11, dan 15 tahun. Dari studi tersebut ditemukan bahwa ibu yang berusia lebih matang cenderung tidak menggunakan cara verbal ataupun fisik dalam mendisiplinkan anak-anak mereka saat berusia 7 dan 11 tahun, dibanding ibu-ibu muda.

Sedangkan pada saat usia anak menginjak anak 15 tahun, Ibu yang lebih matang akan menggunakan cara verbal untuk mendisiplinkan anak, namun tidak melakukannya secara fisik. Selain itu, anak dengan ibu yang lebih matang mempunyai masalah perilaku, sosial dan emosional yang lebih sedikit dibandingkan anak-anak dari ibu muda.

Kesimpulannya, peningkatan kestabilan emosi, rasa toleransi dan fleksibelitas mental yang terjadi seiring bertambahnya usia pada ibu dapat menciptakan proses pengasuhan anak yang lebih sehat. Keuntungan menjadi anak yang diasuh oleh ibu yang lebih matang tak hanya sampai di situ. Para peneliti ternyata juga menemukan beberapa bukti bahwa anak-anak yang dibesarkan oleh ibu yang sudah matang akan tumbuh lebih cerdas.

Perlu Ibu ketahui, dalam studi ini tidak diidentifikasi secara pasti, berapa usia "ibu yang lebih matang". Hanya saja dalam beberapa studi yang serupa, yang dimaksud "lebih matang" biasanya berusia di atas 35 tahun.