Pola Tidur Bayi Usia 6 Bulan Sampai 9 Bulan

By Ida Rosdalina, Senin, 22 Mei 2017 | 10:15 WIB
Pola Tidur Bayi Usia 6 Bulan Sampai 9 Bulan (Ida Rosdalina)

Nakita.id - Bayi berusia 6 bulan biasanya tidur sekitar 14 jam dalam rentang 24 jam. Kemungkinan besar bayi juga akan memiliki jadwal tidur sendiri. Umumnya, tidur bayi pada usia ini sekitar 3-4 jam sehari. Meskipun bukan masalah besar jika bayi suka tidur lebih nyenyak, penting baginya menjalani rutinitas tidur yang sesuai.

Tempat dan rutinitas tidur harus konsisten dan disarankan tidak memvariasikannya. Jika kebiasaan tidur tidak diatur sekarang, Ibu perlu melakukan pendekatan dan menenangkan bayi untuk tidur siang yang teratur dan lama. Tidur nyenyak sangat penting bagi bayi karena membantunya tumbuh dan berkembang lebih cepat.

(Baca juga : Pola Tidur Bayi dari Lahir Sampai Usia 3 Bulan)

Jika bayi tidak dapat tidur sendiri pada usia 6 bulan atau lebih, Ibu perlu melakukan beberapa usaha. Disarankan untuk meninggalkan bayi sendirian di tempat tidur Ibu atau tempat tidur bayi setelah diberi makan dan dibersihkan, dan biarkan ia sampai tertidur. Jika bayi menangis, pergilah untuk menghiburnya, mungkin dengan cara berpelukan. Tapi sebaiknya biarkan bayi kembali tidur sendiri.

Ritual waktu tidur seperti memandikan atau menyanyikan lagu pengantar tidur digunakan sebagai ‘pengingat’ bahwa hari sudah malam dan waktunya untuk tidur bagi bayi. Hindari berbicara atau bermain dengannya saat ia bangun untuk memberi makan pada malam hari dan jaga lampu tetap mati dan suasana tenang. Siang hari, jaga agar ruangan tetap terang dan segar, dan jangan batasi suara yang ada.

(Baca juga : Yang Perlu Dilakukan Agar Jadwal Tidur Bayi Teratur)

Seorang bayi yang tidur selama 9-10 jam di malam hari menunjukkan bahwa ia telah membentuk kebiasaan tidur yang baik. Namun tidak jarang bayi seusia ini hanya tidur selama 5-6 jam, dan bahkan kurang. Pada saat ini, Ibu bisa menyapih di malam hari.

Bayi juga bisa mulai terbangun di usia ini, saat sedang tidur nyenyak. Alasannya adalah beberapa perkembangan yang sedang ia latih, seperti merangkak, berputar, berguling, dan sebagainya.

(Baca juga : 5 Mitos Tentang Tidur Bayi Ini Haruskah Kita Percayai)

Mengembangkan jadwal dan pola tidur yang baik membantu perkembangan bayi yang tepat, karena tidur melepaskan hormon pertumbuhan, dan membiarkan bayi memperkuat ingatannya. Tidur juga meremajakan bayi dan mengolah energinya agar tetap terjaga keesokan harinya.