4 Kesalahan yang sering Ibu Lakukan Saat Baru Hamil

By Saeful Imam, Selasa, 6 Juni 2017 | 05:30 WIB
Pusing saat hamil muda? Apakah ada bahayanya untuk janin? (Heni Wiradimaja)

Nakita.id - Bagi para calon ibu, memang sebaiknya banyak menggali informasi terkait proses awal kehamilan hingga setelah bayinya lahir untuk memudahkan ibu dalam menjalani masa-masa indah ini. Tidak hanya dari berbagai buku yang membahas pengasuhan orangtua saja, tetapi ibu juga harus aktif bertanya dan konsultasikan pada dokter ahli.

Mungkin di antara kita, banyak yang melakukan kesalahan-kesalahan yang tidak sengaja dilakukan selama hamil karena belum mendapat informasi tepat. Untuk itu, ada 4 kesalahan yang seringkali Ibu lakukan saat sedang berada dalam masa kehamilan:

(Baca juga : 5 Kesalahan Makan yang Sering Dilakukan Ibu Hamil)

  1. Membeli setiap barang bayi dan gadget yang mungkin dibuat. Seperti banyak ibu baru, pasti kita sudah tidak sabar ingin menyiapkan berbagai perlengkapan si kecil, seperti kereta bayi, buaian, tempat tidur bayi, botol susu, kain-kain, selimut dan juga pakaian bayi dengan kualitas dan harga yang tidak murah. Namun, saat bayi sudah lahir dan tumbuh lebih besar, ternyata perlengkapan yang sebelumnya terlanjur dibeli banyak yang tidak terpakai karena berbagai alasan, tidak sesuai ukuran, tidak disukai anak, dan sebagainya.
  1. Terlalu terikat dengan rencana kelahiran orangtua. Banyak orangtua yang mengharapkan memiliki tanggal ulang tahun yang berdekatan atau justru bersamaan dengan anak-anaknya. Hingga Ayah dan Ibu pun rela menjadwalkan tindakan bedah caesar untuk menyamai tanggal lahir mereka.

Akibatnya, sang ibu harus rela disuntikan obat-obatan, kelelahan, dan kondisinya sangat tidak stabil secara emosional, yang pada dasarnya merupakan kombinasi terburuk saat proses persalinan. Sebaiknya, Ibu dan Ayah pikirkan secara lebih terbuka tentang persalinan. Yang terpenting, tujuannya adalah memiliki bayi yang sehat dan normal.

(Baca juga : 7 Kesalahan Ibu Baru)

  1. Tidak menentukan rumah sakit dan pengunjung rumah setelah melahirkan. Mungkin banyak yang menganggap bahwa hal ini adalah hal sepele saja. Tapi setelah proses persalinan secara normal atau caesar selesai, tentunya Ibu membutuhkan waktu untuk bisa pulih kembali beberapa hari ke depan.

Selain itu, kita sudah memiliki tanggung jawab sebagai Ibu yang harus memenuhi segala kebutuhan bayi, salah satunya menyusui. Untuk kondisi yang tidak stabil, Ibu akan merasa tidak nyaman dan emosi karena berada di tempat keramaian. Bahkan jika Ibu adalah orang yang biasanya suka dikelilingi orang, pertimbangkan untuk menetapkan batasan jumlah pengunjung yang datang ke rumah sakit dan rumah selama beberapa minggu pertama dan tetapkan batasan waktu untuk setiap kunjungan.

  1. Berpikir bahwa kehidupan lama akan segera kembali setelah bayi lahir. Setelah kelahiran, biasanya Ibu segera ingin berdiet dan mengecilkan ukuran tubuh seperti semula sebelum hamil. Biasanya yang para Ibu lakukan adalah dengan cara-cara seperti menyusui, yoga, dan minum jus.

(Baca juga : 5 Hal yang Sebaiknya Dihindari Saat Hamil)

Namun, ada rasa bersalah jika Ibu mengurangi porsi makan dan kurang makan-makanan sehat karena ASI sangat penting untuk bayi saat ini. Lalu kelas yoga tidak memiliki tempat khusus perawatan anak dan ibu hamil tidak disarankan minum jus.

Tetapi, hal-hal di atas akan berubah setelah kita menjadi seorang ibu, dan kita tidak akan tahu apa, bagaimana, atau mengapa sampai saatnya kita akan menghadapi proses persalinan.