Pola Makan ini Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Jantung, Diabetes, dan Kanker

By Saeful Imam, Selasa, 6 Juni 2017 | 03:30 WIB
Nutrisi yang Bisa Meningkatkan Imunitas Anak (Avrizella Quenda)

Nakita.id - Kini, sudah banyak pola makan sehat yang bisa kita terapkan dengan mudah untuk mencegah dan mengantisipasi dampak penyakit-penyakit mengerikan, seperti jantung, diabetes, dan kanker. Makanan-makanan sehat di antaranya, kacang, buncis, kacang lentil, yoghurt kedelai yang diperkaya nutrisi yang berkhasiat tinggi.

Menurut para ahli, orang dewasa yang mengonsumsi makanan vegan yang seimbang menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, kanker dan tekanan darah. Heather Russell, ahli diet di Vegan Society mengatakan, "Nutrisi yang baik sangat penting untuk memberikan anak-anak awal yang baik dan diet vegan yang terencana dapat memenuhi kebutuhan setiap anggota keluarga serta mendukung pertumbuhan dan perkembangan normal. Makanan vegan adalah makanan berbasis tanaman. Penganut vegan hanya mengonsumsi sumber makanan nabati seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, serta tidak mengonsumsi daging, telur, dan sumber makanan hewani lainnya.   

(Baca juga : Tip Membesarkan Anak Vegan yang Sehat)

"Memperkenalkan anak-anak berbagai jenis makanan nabati membantu mereka membangun kebiasaan hidup yang sehat. Mengonsumsi makanan vegan yang seimbang membantu orang membatasi lemak jenuh dan mendapatkan banyak serat, dan penelitian telah menghubungkan cara makan ini dengan tekanan darah rendah, kolesterol, dan tingkat penyakit jantung, diabetes tipe-2 dan beberapa jenis kanker yang lebih rendah, " tutur Heather.

Sering-seringlah Ibu dan keluarga mengonsumsi kacang, buncis, kacang lentil, yogurt dan tahu kedelai sebagai contoh sumber protein lain yang bagus dan makanan ini juga mengandung zinc.

(Baca juga : Batita Jadi Vegetarian Karena Sayang Hewan. Bagaimana Ibu Mengatasinya)

Masih saja ada orang-orang yang khawatir bahwa pola makan vegan mengandung lebih sedikit protein dan kalsium. Namun, sebenarnya protein dan kalsium ini mudah diperoleh asalkan kita memilih makanan nabati yang tepat. Selama pengenalan makanan pertama bayi vegan, pemberian susu kedelai yang diperkaya tanpa pemanis tambahan sangat dianjurkan. Susu kedelai ini mengandung kalsium dan jumlah protein yang sebanyak susu sapi.

Baik British Dietetic Association dan American Academy of Nutrition and Dietetics menyadari bahwa diet vegan yang terencana dapat mendukung kehidupan sehat orang-orang dari segala usia. Ayo, Bu! Mulai tanamkan hidup sehat mulai saat ini juga demi kesehatan jangka panjang yang akan diperoleh seluruh anggota keluarga.

(Baca juga : Nutrisi Calon Ibu Vegetarian)