Kiat Bermain dengan Bayi 4 Bulan Dalam Mengajarkan Keterampilan Motorik

By Ida Rosdalina, Selasa, 30 Mei 2017 | 07:30 WIB
Keterampilan Motorik Bayi 4 Bulan (Ida Rosdalina)

Nakita.id - Pada usia 4 bulan anak Anda mulai menggenggam benda-benda. Kedua tangan yang mereka miliki memungkinkan mereka mengeksplorasi segala hal yang menyenangkan maupun yang membahayakan diri mereka sendiri.

Sebagai orang tua, Anda dapat menemaniya melakukan aktivitas-aktivitas yang bisa membantu wilayah baru perkembangannya ini.

Apa yang ada di kotak? 

Bayi Anda memiliki keingintahuan yang tinggi tentang apa isi sebuah kotak. Ini karena mereka sedang mencari tahu kekekalan sebuah benda: ide bahwa ketika sebuah benda hilang, benda itu tidak keluar dari alam semesta. Permainan ini meyakini kekekalan benda, di saat menstimulasi indra peraba mereka dengan tekstur dan kemampuan yang meningkat untuk meraih benda. 

(Baca juga : 6 Tip Menghadapi Perubahan Perilaku Bayi Usia 4 Bulan)

CARA BERMAIN

Tidak hanya mengembangkan rasa sentuhan pada objek saja, anak juga perlu belajar sedikit mengenai sebab dan akibat sambil memahami rasa tekstur. Ulangi langkah ini secara rutin.

(Baca juga : 4 Jenis Batuk pada Bayi, Kenali Bedanya)

Gunakan Majalah Atau Buku

Mudah-mudahan, Anda sudah mulai membaca untuk anak. Bukan saja karena membaca sangat penting, tapi juga karena menyenangkan… sampai pada satu titik. Membaca buku yang sama berulang-ulang, tentu saja akan sangat membosankan. Belajar bahasa juga bisa dengan cara lain, yaitu mendengarkan, dan bahkan hanya dengan melihat gambar. Nah, saatnya membuat kegiatan menjadi lebih menarik. 

CARA BERMAIN

(Baca juga : Anak yang Tak Bisa Diam Umumnya Tergolong “Body Smart”

Ambilah majalah fashion yang ibu sudah baca. Ibu bisa berimprovisasi untuk bercerita berdasarkan gambar-gambar yang ada di dalamnya. Misalnya: Pada zaman dulu kala, ada seorang pemuda bernama Tony Stark yang sangat pandai membuat baju dari besi. Isi tidak penting, tapi hal ini dapat membantu untuk menggambarkan bentuk dan warna, serta berbicara dengan cara animasi. Jika anak ingin mengambil, merobek, atau mengacak-acak kertas halaman berikutnya, biarkan ia melakukannya. Hal ini memastikan anak mendapatkan kebaikan bahasa si kecil sejak dini, Bu!