Bocah Laki-laki Ini Harus Diangkat Separuh Otaknya Akibat Epilepsi Langka

By Ida Rosdalina, Selasa, 30 Mei 2017 | 08:45 WIB
Mikey Harus Diangkat Separuh Otaknya Akibat Menderita Epilepsi Langka (Ida Rosdalina)

Nakita.id - Kelly dan Bryce Wilton adalah salah satu dari sekian banyak orang tua di Australia yang menghadapi keputusan terberat dan tersulit menyangkut kesehatan anak mereka. Mikey Wilton, putra Kelly dan Bryce, harus menjalani operasi hemisferektomi. 

Saat itu, dokter mengatakan kepada Kelly dan Bryce, "Anda harus mempertimbangkan untuk mengangkat separuh otak anak Anda untuk mendapatkan hasil terbaik dari kondisi epilepsinya yang parah." Keduanya langsung terhenyak. Bagaimana bisa mereka menyerahkan anak laki-lakinya yang baru saja berusia dua tahun untuk tindakan bedah besar seperti itu.

Empat tahun yang lalu, keluarga Mikey tidak dapat mengambil risiko pada kondisi langka Mikey, yaitu Hemiconvulsion Hemiplegia Epilepsy Syndrome (HHE) karena risikonya akan terlalu besar. Bertahun-tahun yang lalu, Mikey tumbuh menjadi anak laki-laki yang kondisinya semakin membaik meski mengalami kejang sehari-hari.

(Baca juga : Mengatasi Kejang Epilepsi Pada Anak)

Sayangnya, Oktober lalu, Mikey menjalani tes selama seminggu untuk melakukan aktivitas listrik di otaknya (EEG) di mana operasi akan menjadi pilihan terbaiknya. Pengangkatan separuh otaknya dapat menyebabkan kesulitan untuk belajar, dan menjalani kehidupannya dengan optimal.

Kedua orang tua bahkan telah meneliti segala hal yang bisa ditemukan tentang kondisi langka anaknya dan membawa ke semua terapi yang direkomendasikan untuk mendapat intervensi awal.

Sebuah konferensi yang diadakan oleh Hemispherectomy Foundation Australia di Gold Coast pada bulan Maret lalu memungkinkan kedua orang tua Mikey bertemu dengan orangtua lain yang telah melalui proses ini. Pada hari kedua konferensi tersebut, mereka bertemu dengan keluarga yang sangat berani karena anak-anak mereka telah menjalani operasi besar tersebut.

Anak-anak yang sempat ditemui adalah bukti hidup bahwa operasi hemispherectomy sangat penting bagi kehidupan Mikey. Kemudian, Mikey akan berusia enam tahun pada akhir tahun ini. Setelah hampir empat tahun mengalami kejang, pengobatan gagal, beberapa bulan bebas kejang, banyak terapi, intervensi dini dan saran profesional, akhirnya orang tuanya sampai pada keputusan untuk mengangkat satu setengah otaknya.

(Baca juga : Epilepsi Bisa Dideteksi Sejak Lahir, Ini Caranya)

Ini memang terdengar menakutkan, tapi untuk kali ini, tindakan operasi hemisferektomi memberi mereka harapan. Kali ini, mereka merasa mendapat informasi yang cukup sehingga mendukung dan mempercayai hati mereka bahwa inilah yang perlu dilakukan untuk memberi Mikey kesempatan terbaik untuk menjalani kehidupan yang bebas dari kejang. Hidup penuh kebahagiaan.

Sampai obat untuk jenis epilepsi langka ini ditemukan, operasi ini adalah satu-satunya pilihan. Mereka hanya membutuhkan dukungan dan pemahaman dari masyarakat luas untuk merangkul anak-anak seperti Mikey dan juga keluarga untuk tegar menghadapi cobaan ini. Walaupun banyak ketakutan yang dirasakan orang tua, yang paling penting dan dibutuhkan Mikey saat ini adalah operasi.

(Baca juga : Anak yang Kejang Demam Kelak akan Menderita Epilepsi)